Pemanfaatan Desain Label Kemasan sebagai Media Promosi Kastengel Buana Sari

  • Rosalia Hadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Nika Wirawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Riza Wulandari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ketut Gus Oka Ciptahadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Ady Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ayu Desi Saryanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Keywords: kastengel, desain, label kemasan

Abstract

Kue kering adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung dengan tekstur renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara dioven. Salah satu UKM yang kegiatannya memproduksi kue kering adalah UKM Buana Sari.UKM Buana Sari menerima pesanan berbagai jenis kue kering, namun produksi utamanya adalah kue kering kastengel. Kue kastengel dibuat dengan cara mencampurkan semua bahan untuk adonan, kemudian dicetak, diberi olesan margarin dan ditaburi keju di atasnya untuk selanjutnya dioven hingga matang. Proses pengemasan dilakukan dengan menggunakan plastik mika berbagai ukuran dan bentuk, mulai dari plastik mika berbentuk bundar, oval sampai dengan hati. Plastik mika kemudian diberi isolasi bening di sekelilingnya agar kue kering menjadi lebih awet. Sayangnya, saat ini pengemasan belum dilengkapi oleh desain label kemasan, sehingga daya tarik promosi terhadap produk tersebut menjadi kurang dan tampilan produk juga kurang menarik. Padahal desain kemasan suatu produk sangat diperlukan sebagai bagian dari strategi pemasaran. Desain kemasan sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya pembelian oleh konsumen terhadap produk tersebut. Sehingga dengan adanya pelatihan desain label kemasan mampu meningkatkan minat konsumen terhadap kue kastengel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia dengan Studi Kasus: Produk Oleh-oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah’. National Conference of Creative Industry: Subtainable Tourism Industry for Economic Development.

Christy, P., & Ellyawati, J. (2015). Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) pada Impulsive Buying. Program Studi Manajemen, Fakuktas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Anwari, E., Meilani, E., & Prasetyowati, O. (2018). Perancangan Grafis Kemasan Makanan Burayot Sebagai Oleh-Oleh Khas Garut. DeKaVe, 10(2), 12–24.

Published
2021-01-15
How to Cite
Hadi, R., Wirawan, I. G. N., Wulandari, R., Ciptahadi, K. G. O., Kusuma, I. G. N. A., & Saryanti, I. G. A. D. (2021). Pemanfaatan Desain Label Kemasan sebagai Media Promosi Kastengel Buana Sari. Madaniya, 2(1), 29-35. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/50
Section
Artikel