Pendampingan Strategi Pemasaran Produk Maggot demi Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga di Kampung Wisata Kali Gajah Wong Yogyakarta

  • Rubiyatno Rubiyatno Universitas Sanata Dharma
  • Venantius Mardi Widyadmono Universitas Sanata Dharma
  • Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti Universitas Sanata Dharma
  • Theodorus Sutadi Universitas Sanata Dharma
  • Christina Heti Tri Rahmawati Universitas Sanata Dharma
  • Josephine Wuri Universitas Sanata Dharma
  • Trisnawati Rahayu Universitas Sanata Dharma
Keywords: pendampingan, strategi pemasaran, produk maggot, pendapatan rumah tangga

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia terus berkembang pesat, terutama di Yogyakarta yang terkenal dengan beragam destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Kampung Wisata Kali Gajah Wong, yang saat ini sedang berusaha meningkatkan pendapatan masyarakat lokal melalui pengembangan produk maggot. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan solusi permasalahan mitra melalui strategi pemasaran produk terkait pengemasan sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga dengan menjual produk yang sudah siap jual dengan kemasan menarik. Pendampingan pengembangan strategi pemasaran produk maggot dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma pada pelaku usaha maggot di Kampung Wisata Kali Gajah Wong. Dari pendampingan yang dilakukan, terlihat peningkatan yang signifikan dalam penjualan produk maggot. Strategi pemasaran yang dirancang mampu menarik minat wisatawan untuk membeli produk maggot dan meningkatkan pendapatan rumah tangga di Kampung Wisata Kali Gajah Wong. Pengembangan produk maggot juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan, karena memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan meminimalisir limbah organik. Dengan adanya pendampingan dan bimbingan dalam pengembangan strategi pemasaran dan penggunaan kemasan produk yang efektif, diharapkan rumah tangga dapat merasakan peningkatan pendapatan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).

Ismail, Y. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Academics in Action Journal of Community Empowerment, 1(1), p 50-63;2019.

Kurniawati, D. P. (2013). Pemberdayaan masyarakat di bidang usaha ekonomi (studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat kota Mojokerto) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Mangowal, J. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Petani dalam Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Pedesaan di Desa Tumani Kecamatan Maesaan Kabupaten Minahasa Selatan. Governance, 5(1).

Abdhul, Y. (2022, September 20). Metode Observasi: Pengertian, Macam dan Contoh. Deepublish Store. From https://deepublishstore.com/blog/metode-observasi/#Pengertian_Metode_Observasi

Desa Wisata Kali Gajah Wong Kelurahan Giwangan 500 Besar ADWI 2023. (n.d.). JADESTA. From https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/kali_gajah_wong_kelurahan_giwangan

Pengertian Desain, Fungsi, dan Tujuannya. (2021, April 16). Detikcom. From https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5534213/pengertian-desain-fungsi-dan-tujuannya

Survei Konsumen: Definisi, Jenis, dan Tips-Tips Pentingnya. (2023, March 7). Glints. From https://glints.com/id/lowongan/survei-konsumen-adalah/#.ZEof03ZBy5c

Published
2023-08-15
How to Cite
Rubiyatno, R., Widyadmono, V. M., Wadyatenti, M. A. D. V., Sutadi, T., Rahmawati, C. H. T., Wuri, J., & Rahayu, T. (2023). Pendampingan Strategi Pemasaran Produk Maggot demi Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga di Kampung Wisata Kali Gajah Wong Yogyakarta. Madaniya, 4(3), 1140-1147. https://doi.org/10.53696/27214834.531
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)