Pendampingan Perbaikan Kualitas Kemasan dan Labelisasi Produk demi Optimalisasi Strategi Pemasaran Produk UMKM

  • Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti Universitas Sanata Dharma
  • Fransisca Desiana Pranatasari Universitas Sanata Dharma
  • Maria Sekar Ayu Universitas Sanata Dharma
Keywords: kemasan, labelisasi produk, strategi pemasaran, UMKM

Abstract

Strategi pemasaran menjadi kunci yang sangat penting dalam keberhasilan penerimaan produk UMKM dalam kalangan masyarakat. Kemasan merupakan salah satu strategi untuk melakukan persaingan dalam dunia bisnis dan menciptakan citra merek dalam benak konsumen. Hal ini adalah bagian penting dari strategi pemasaran. Kegiatan ini dilakukan untuk menjawab permasalahan UMKM terkait desain dan kualitas kemasan secara khusus sebagai strategi pemasan bagi Pie Daily. Kemasan yang berkualitas dan menarik juga dilengkapi dengan labelisasi tentang identitas UMKM untuk memperoleh positioning dalam benak konsumennya. Pendampingan dan pengembangan UMKM Pie Daily dilakukan dengan melakukan koordinasi aktif antara tim pengabdi dengan mitra mengenai identifikasi masalah dan kebutuhan pengembangan produk, perancangan dan supervisi pembuatan desain, isi, dan estetika kemasaran produk bersama mahasiswa dan penyampaian rancangan pemasaran kemasan dan mencetaknya untuk uji ke pasar. Hasilnya, calon konsumen menyatakan bahwa kemasan menarik, warna yang dipilih juga menstimulus calon pembeli untuk melihat sehingga berminat membeli. Selanjutnya kemasan yang berkualitas dan menarik ini dapat dijadikan salah satu daya tarik dalam strategi pemasaran yang dilakukan Pie Daily sebagai sarana branding bagi UMKM. Kemasan yang baik tentu dilengkapi dengan adanya labelisasi produk yang menjelaskan mengenai produk yang dijual. Dengan dilaksanakan kegiatan ini, kemasan yang berkualitas lengkap dengan informasi labelisasi, maka dapat mencapai optimalisasi strategi pemasaran UMKM tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dyatmika, S. W., Purnaningrum, E., & Susilo, T. (2019). Peningkatan Nilai Jual Produk Home Industry Melalui Optimalisasi Desain dan Kemasan di Desa Gondang, Kecamatan Gondang Mojokerto. LeECOM, 1(2).

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan UMKM. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.

Suprapto, R., Wahyuddin Azizi, Z., & Rembang, S. Y. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. In Riset Ekonomi Manajemen, 3.

Yosef, R., Martinus, S. E., Jason, U. W., & Yolanda, W. (2022). PKM UKM Elok Mekar Sari Surabaya melalui Pembinaan Manajemen Desain Produk Kemasan untuk Meningkatkan Kesadaran Merek. LeECOM, 4(1).

Purnamaningwulan, R. A., Mukti, T. W. P., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Promosi Berbahasa Inggris sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Melcosh Café, Roastery, dan Glamcamp. Madaniya, 3(4), 791-799.

Pranatasari, F. D., Kristia, K., Purnamaningwulan, R. A., & Mukti, T. W. P. (2022). Pendampingan Formulasi Konten Pemasaran Digital Berbahasa Inggris Pada Melcosh Café & GlamCamp. Madaniya, 3(2), 254-264.

Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548-557.

Widjaja, E. S., & Pranatasari, F. D. (2018). Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Glaive Waterless Motor Wash. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(6), 807-814.

Jethro, I., & Pranatasari, F. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Glaive Waterless Car Wash. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 4(1), 163-170.

Tanjung, J. K., Rubiyatno, & Kurniawati, L. (2022). The Influence Of Website Quality, Perceived Benefits, E-Wom, Security Towards Online Repurchase Interest With Trust As The Mediating Variable. Manajemen Dewantara, 6(3), 268-280.

Rubiyatno, R., Kurniawati, L., & Diva, M. A. (2021). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Social Media Marketing dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Dusun Tegal Balong, Bimomartani, Sleman. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 3(2).

Kusumajati, T. O., Kusuma, S. E., Fridayani, J. A., Diva, M. A., & Pranatasari, F. D. (2022). Upaya Pemberdayaan Usaha UMKM Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan: Praktek Pada Cu Mitra Parahita, CU Tyas Manunggal Dan CU Kridha Rahardja. Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 136-146.

Published
2023-08-12
How to Cite
Wadyatenti, M. A. D. V., Pranatasari, F. D., & Ayu, M. S. (2023). Pendampingan Perbaikan Kualitas Kemasan dan Labelisasi Produk demi Optimalisasi Strategi Pemasaran Produk UMKM. Madaniya, 4(3), 986-992. https://doi.org/10.53696/27214834.507
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)