Pendampingan Perbaikan Kualitas Kemasan dan Labelisasi Produk demi Optimalisasi Strategi Pemasaran Produk UMKM
Abstract
Strategi pemasaran menjadi kunci yang sangat penting dalam keberhasilan penerimaan produk UMKM dalam kalangan masyarakat. Kemasan merupakan salah satu strategi untuk melakukan persaingan dalam dunia bisnis dan menciptakan citra merek dalam benak konsumen. Hal ini adalah bagian penting dari strategi pemasaran. Kegiatan ini dilakukan untuk menjawab permasalahan UMKM terkait desain dan kualitas kemasan secara khusus sebagai strategi pemasan bagi Pie Daily. Kemasan yang berkualitas dan menarik juga dilengkapi dengan labelisasi tentang identitas UMKM untuk memperoleh positioning dalam benak konsumennya. Pendampingan dan pengembangan UMKM Pie Daily dilakukan dengan melakukan koordinasi aktif antara tim pengabdi dengan mitra mengenai identifikasi masalah dan kebutuhan pengembangan produk, perancangan dan supervisi pembuatan desain, isi, dan estetika kemasaran produk bersama mahasiswa dan penyampaian rancangan pemasaran kemasan dan mencetaknya untuk uji ke pasar. Hasilnya, calon konsumen menyatakan bahwa kemasan menarik, warna yang dipilih juga menstimulus calon pembeli untuk melihat sehingga berminat membeli. Selanjutnya kemasan yang berkualitas dan menarik ini dapat dijadikan salah satu daya tarik dalam strategi pemasaran yang dilakukan Pie Daily sebagai sarana branding bagi UMKM. Kemasan yang baik tentu dilengkapi dengan adanya labelisasi produk yang menjelaskan mengenai produk yang dijual. Dengan dilaksanakan kegiatan ini, kemasan yang berkualitas lengkap dengan informasi labelisasi, maka dapat mencapai optimalisasi strategi pemasaran UMKM tersebut.
Downloads
References
Dyatmika, S. W., Purnaningrum, E., & Susilo, T. (2019). Peningkatan Nilai Jual Produk Home Industry Melalui Optimalisasi Desain dan Kemasan di Desa Gondang, Kecamatan Gondang Mojokerto. LeECOM, 1(2).
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan UMKM. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.
Suprapto, R., Wahyuddin Azizi, Z., & Rembang, S. Y. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. In Riset Ekonomi Manajemen, 3.
Yosef, R., Martinus, S. E., Jason, U. W., & Yolanda, W. (2022). PKM UKM Elok Mekar Sari Surabaya melalui Pembinaan Manajemen Desain Produk Kemasan untuk Meningkatkan Kesadaran Merek. LeECOM, 4(1).
Purnamaningwulan, R. A., Mukti, T. W. P., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Promosi Berbahasa Inggris sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Melcosh Café, Roastery, dan Glamcamp. Madaniya, 3(4), 791-799.
Pranatasari, F. D., Kristia, K., Purnamaningwulan, R. A., & Mukti, T. W. P. (2022). Pendampingan Formulasi Konten Pemasaran Digital Berbahasa Inggris Pada Melcosh Café & GlamCamp. Madaniya, 3(2), 254-264.
Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548-557.
Widjaja, E. S., & Pranatasari, F. D. (2018). Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Glaive Waterless Motor Wash. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(6), 807-814.
Jethro, I., & Pranatasari, F. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Glaive Waterless Car Wash. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 4(1), 163-170.
Tanjung, J. K., Rubiyatno, & Kurniawati, L. (2022). The Influence Of Website Quality, Perceived Benefits, E-Wom, Security Towards Online Repurchase Interest With Trust As The Mediating Variable. Manajemen Dewantara, 6(3), 268-280.
Rubiyatno, R., Kurniawati, L., & Diva, M. A. (2021). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Social Media Marketing dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Dusun Tegal Balong, Bimomartani, Sleman. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 3(2).
Kusumajati, T. O., Kusuma, S. E., Fridayani, J. A., Diva, M. A., & Pranatasari, F. D. (2022). Upaya Pemberdayaan Usaha UMKM Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan: Praktek Pada Cu Mitra Parahita, CU Tyas Manunggal Dan CU Kridha Rahardja. Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 136-146.
Copyright (c) 2023 Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti, Fransisca Desiana Pranatasari, Maria Sekar Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.