Marketing Online dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Magetan
Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Abstract
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan merupakan program baru yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Keberadaan ini telah merubah cara belajar dan wawasan yang lebih luas. Baik dosen mahasiswa dan tenaga kependidikan dituntut untuk mengikuti perubahan dan beradaptasi. Dibutuhan pengetahuan, skill dan sikap untuk mendukung kesuksesan dalam program MBKM. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mengembangkan marketing online dan produk innovation yang diterapkan pada masyarakat terutama pada UMKM di Kabupaten Magetan. Pengabdian Masyarakat ini merupakan bentuk dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana dosen dan mahasiswa ikut serta turun ke dalam masyarakat dalam memajukan UMKM di Kabupaten Magetan. Pengabdian masyarakat ini memberikan ilmu dan pelatihan bagaimana memasarkan dan mempromosikan produk-produk UMKM dalam bentuk marketing online melalui sosial media serta memberikan pelatihan mengenai product inovatian dalam hal pemberian label kemasan dan packaging product .Dari hasil pengabdian masyarakat diharapkan mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap para peserta yang berperan dalam kegiatan MBKM dan serta mampu mengaplikasikan kepada masyarakat dengan program pengabdian kepada masyarakat.
Downloads
References
Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2010). Nutrition for Foodservice and Culinary Profesisional’s. Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Fandy, T. (2000). Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy Offset.
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P., & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2(1), pp. 21 –30.
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Utomo, R. C., Dewi, L., & Muhtar, S. R. (2020). Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu Kartoharjo Magetan. Madaniya, 1(1), 44-52.
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Cahyani, B. B. (2020). Strategi Pemasaran World of Mouth dan Online Dalam Sentra Industri Rumah Abon Ikan Lele di Jiwan Kabupaten Madiun. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 1(2), 49-52.
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., Roziq, K. A., Pamungkas, A., & Rossanto, S. A. R. (2021). Inovasi Strategi Pemasaran Sentra Industri Brem Madiun Dalam Menghadapi Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., Purwanto, H. (2021). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Wiryakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Kotler, P. (1997). Manajemen Jilid 2. Jakarta: Erlangga Stanton.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Pearson Education Asia Pte, Ltd. dan PT. Prenhallindo.
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta: PT. Indeks.
Minantyo, H. (2011). Dasar-Dasar Pengolahan Makanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Swastha, B. (1999). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty
Copyright (c) 2022 Dian Citaningtyas Ari Kadi, Rizal Ula Ananta Fauzi, Heny Sidanti, Hari Purwanto, Wisnu Waluyo, Dzaqi Khoiruddin Lutfiy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.