Marketing Online dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Magetan

Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Dian Citaningtyas Ari Kadi Universitas PGRI Madiun
  • Rizal Ula Ananta Fauzi Universitas PGRI Madiun
  • Heny Sidanti Universitas PGRI Madiun
  • Hari Purwanto Universitas PGRI Madiun
  • Wisnu Waluyo Universitas PGRI Madiun
  • Dzaqi Khoiruddin Lutfiy Universitas PGRI Madiun
Keywords: marketing online, product innovation, UMKM

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan merupakan program baru yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Keberadaan ini telah merubah cara belajar dan wawasan yang lebih luas. Baik dosen mahasiswa dan tenaga kependidikan dituntut untuk mengikuti perubahan dan beradaptasi. Dibutuhan pengetahuan, skill dan sikap untuk mendukung kesuksesan dalam program MBKM. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mengembangkan marketing online dan produk innovation yang diterapkan pada masyarakat terutama pada UMKM di Kabupaten Magetan. Pengabdian Masyarakat ini merupakan bentuk dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana dosen dan mahasiswa ikut serta turun ke dalam masyarakat dalam memajukan UMKM di Kabupaten Magetan. Pengabdian masyarakat ini memberikan ilmu dan pelatihan bagaimana memasarkan dan mempromosikan produk-produk UMKM dalam bentuk marketing online melalui sosial media serta memberikan pelatihan mengenai product inovatian dalam hal pemberian label kemasan dan packaging product .Dari hasil pengabdian masyarakat diharapkan mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap para peserta yang berperan dalam kegiatan MBKM dan serta mampu mengaplikasikan kepada masyarakat dengan program pengabdian kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2010). Nutrition for Foodservice and Culinary Profesisional’s. Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Fandy, T. (2000). Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy Offset.

Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P., & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2(1), pp. 21 –30.

Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Utomo, R. C., Dewi, L., & Muhtar, S. R. (2020). Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu Kartoharjo Magetan. Madaniya, 1(1), 44-52.

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Cahyani, B. B. (2020). Strategi Pemasaran World of Mouth dan Online Dalam Sentra Industri Rumah Abon Ikan Lele di Jiwan Kabupaten Madiun. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 1(2), 49-52.

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., Roziq, K. A., Pamungkas, A., & Rossanto, S. A. R. (2021). Inovasi Strategi Pemasaran Sentra Industri Brem Madiun Dalam Menghadapi Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., Purwanto, H. (2021). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Wiryakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Kotler, P. (1997). Manajemen Jilid 2. Jakarta: Erlangga Stanton.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Pearson Education Asia Pte, Ltd. dan PT. Prenhallindo.

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta: PT. Indeks.

Minantyo, H. (2011). Dasar-Dasar Pengolahan Makanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Swastha, B. (1999). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty

Published
2022-02-05
How to Cite
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., Sidanti, H., Purwanto, H., Waluyo, W., & Lutfiy, D. K. (2022). Marketing Online dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Magetan: Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Madaniya, 3(1), 14-24. https://doi.org/10.53696/27214834.129
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)