Meningkatkan Pelayanan Wisatawan Asing Asal Malaysia di Desa Kutuh, Badung

  • I Gde Agus Jaya Sadguna Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari Politeknik Negeri Bali
  • Ni Made Sintya Rani Politeknik Negeri Bali
  • Ni Nyoman Harini Puspita Politeknik Negeri Bali
Keywords: pengabdian internasional, wisatawan Malaysia, sumber daya manusia, Desa Kutuh

Abstract

Desa Kutuh memiliki beragam obyek pariwisata seperti Pantai Gunung Payung, Pantai Pandawa, dan Pantai Timbis yang harus didukung dari segi penguatan dan peningkatan knowledge, skill, dan juga attitudenya sehingga mampu memberikan pelayanan hospitality yang baik dan profesional kepada wisatawan. Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai salah satu perguruan tinggi yang dekat dengan Desa Kutuh memiliki peran dalam mengembangkan dan memastikan keberlanjutan pariwisata untuk kepentingan masyarakat desanya, termasuk dalam mempromosikan Green Tourism sebagai unggulan dari PNB. Wisatawan dari Malaysia menduduki peringkat keempat jumlah kunjungan terbesar ke Bali, sehingga pemahaman dan pelayanan kepada wisatawan asal negara tersebut perlu ditingkatkan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pemaparan presentasi dan juga workshop. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Politeknik Negeri Bali, Desa Kutuh, dan mitra pendidikan tinggi dari Malaysia yaitu Politeknik Kota Kinabalu. Masing-masing pihak memberikan pemahaman terkait pengelolaan desa wisata, pelayanan terhadap wisatawan Malaysia, dan pemaparan dan workshop pembuatan eco enzyme. Kegiatan ini berjalan lancar dan memiliki harapan yaitu mengecilnya kesenjangan antara harapan dan realitas terhadap pelayanan kepada wisatawan asing khususnya dari Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. P., Tamba, I. M., & Brata, I. B. (2020). Building A Traditional Village-Based Tourism Destination Management System (Pandawa Beach Tourism Destinations, Kutuh Village, South Kuta, Bali). The Journal Tourism Studies & Practices (RTEP), 2, 1–18.

Budiyanto, C. W., Yasmin, A., Fitdaushi, A. N., Rizqia, A. Q. S. Z., Safitri, A. R., Anggraeni, D. N., Farhana, K. H., Alkatiri, M. Q., Perwira, Y. Y., & Pratama, Y. A. (2022). Mengubah Sampah Organik Menjadi Eco Enzym Multifungsi: Inovasi di Kawasan Urban. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i1.55693

Cahyantini, A., & Setyawati, D. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzym Bagi Ibu-Ibu PKK Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang. 2(2), 78–84.

Djulius, H., & Nugraha, B. F. (2019). Pengeluaran Wisatawan Asal Malaysia Di Bandung. Jurnal Pariwisata, 6(2), 147–153. https://doi.org/10.31311/par.v6i2.5470

Law, A., De Lacy, T., Lipman, G., & Jiang, M. (2016). Transitioning to a green economy: The case of tourism in Bali, Indonesia. Journal of Cleaner Production, 111, 295–305. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.12.070

Prasetio, V. M., Ristiawati, T., & Philiyanti, F. (2021). Manfaat Eco-Enzyme pada Lingkungan Hidup serta Workshop Pembuatan Eco-Enzyme. Darmacitya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–29. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/darmacitya/article/view/24071

Reisinger, Y., & Turner, L. (1997). Cross-cultural differences in tourism: Indonesian tourists in Australia. Tourism Management, 18(3), 139–147. https://doi.org/10.1016/S0261-5177(96)00115-X

Sari, I., Yulianthi, A. D., & Sadguna, I. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan untuk Menginap di Green Hotel di Kabupaten Badung Bali. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 177–188. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1852

Swabawa, A. A. P., Meirejeki, I. N., & Setena, M. (2021). Persepsi Wisatawan Terhadap Eksistensi Kawasan Wisata Alam Pantai Pandawa Desa Kutuh Badung Bali. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(2), 85–99. https://doi.org/10.22225/wmbj.3.2.2021.85-99

Widyarini, I. G. A., & Sunarta, I. N. (2019). Dampak Pengembangan Sarana Pariwisata Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Di Wisata Alam Air Panas Angseri, Tabanan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 6(2), 217. https://doi.org/10.24843/jdepar.2018.v06.i02.p03

Published
2023-11-20
How to Cite
Sadguna, I. G. A. J., Sari, I. G. A. M. K. K., Rani, N. M. S., & Puspita, N. N. H. (2023). Meningkatkan Pelayanan Wisatawan Asing Asal Malaysia di Desa Kutuh, Badung. Madaniya, 4(4), 1815-1825. https://doi.org/10.53696/27214834.636
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)