Pelatihan Formulasi Pakan untuk Ternak Ayam Kampung (FORKAN) di Desa Kalensari

  • Widya Hermana IPB University
  • Fadhilah Dhani Santika Falah IPB University
Keywords: ayam kampung, formulasi pakan, pengabdian

Abstract

Pelatihan formulasi pakan untuk ternak ayam kampung (FORKAN) merupakan merupakan bagian dari program kerja Tim KKNT-I IPB University di Desa Kalensari yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat Desa Kalensari yang melakukan budidaya ayam kampung terhadap formulasi pakan untuk ayam kampung dengan biaya yang terjangkau, tinggi nutrisi, serta memanfaatkan ketersediaan bahan pakan yang ada di desa. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2023 di Desa Kalensari, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu. Adapun metode pelaksanaan pengabdian adalah melalui penyuluhan dan praktek. Hasil yang diperoleh adalah peserta penyuluhan dan praktek telah memahami ayam kampung (ciri-ciri, jenis pemeliharaan, fase pertumbuhan, dan performa ayam kampung), bahan pakan dan pakan ayam kampung, dan formulasi pakan ayam kampung. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian adalah telah memberikan wawasan kepada masyarakat Desa Kalensari yang melakukan budidaya ayam kampung dalam formulasi pakan untuk ayam kampung dan telah mampu membuat formulasi pakan ayam kampung sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BSN] Badan Standarisasi Nasional. (2013). SNI: 7783:1-3.2013 Pakan Ayam Buras. Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Daud, M., & Zulfan. (2018). Teknologi Formulasi Ransum Unggas. Syiah Kuala University Press. Aceh.

Rupu, I., Syahruddin., Zainudin, S., & Mukhtar, M. (2022). Persentase karkas ayam kampung super yang diberi tepung usus ayam broiler sebagai substitusi tepung ikan. Jambura Journal of Animal Science, 5(1).

Sjofjan, O., & Adli, D.N. (2021). The effect of replacing fish meal with fermented sago larvae (FSL) on broiler performance. Development, 33(2).

Sumiati., Suci, D. M., Mutia, R., Hermana, W., & Falah, F.D.S. (2023). Nutrisi Unggas Lokal. IPB Press. Bogor.

Tirajoh, S., Tiro, B., Usman., & Soplanit, A. (2022). Pemanfaatan tepung daun Indigofera sp. terhadap penampilan produksi ayam kampung unggul. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 8(1).

Published
2023-08-13
How to Cite
Hermana, W., & Falah, F. D. S. (2023). Pelatihan Formulasi Pakan untuk Ternak Ayam Kampung (FORKAN) di Desa Kalensari. Madaniya, 4(3), 1041-1050. https://doi.org/10.53696/27214834.516
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)