PPM Cara Mudah dan Sederhana Deteksi Bahan Kimia Berbahaya Pada Makanan di SDN Keboharan Krian Sidoarjo

  • Jamilatur Rohmah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: pewarna sintetis, pemanis sintetis, formalin, boraks, pelatihan

Abstract

Kegiatan PPM (Program Pengabdian kepada Masyarakat) ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang bahaya bahan kimia (pewarna sintetis, pemanis sintetis, formalin, dan boraks) yang ditambahkan ke bahan makanan dan memberikan informasi tentang cara mudah dan sederhana deteksi bahan kimia berbahaya. agar mitra dapat terbantu dalam memilih bahan pangan yang aman bagi keluarganya sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya terutama dalam menghadapi masa pandemi ini. Mitra sasaran kegiatan pelatihan adalah guru-guru SD Negeri di Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan survey awal, mitra ini belum mengetahui bahaya makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya (pewarna sintetis, pemanis sintetis, formalin, dan boraks) terhadap kesehatan. Mitra juga belum mengetahui cara mudah dan sederhana untuk mendeteksi bahan kimia berbahaya (pewarna sintetis, pemanis sintetis, formalin, dan boraks) dalam makanan. Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan meliputi edukasi mengenai bahaya bahan kimia berbahaya dalam makanan dan pelatihan membuat alat sederhana untuk mendeteksi adanya formalin dan boraks menggunakan tusuk gigi kunyit, pewarna sintetis dengan sabun, dan pemanis sintetis dengan karamelisasi serta mempraktekkan cara mudah dan sederhana untuk mendeteksi bahan kimia berbahaya (pewarna sintetis, pemanis sintetis, formalin, dan boraks) dalam makanan. Kegiatan ini berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui keterampilan memilih bahan pangan yang aman bagi kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadi, W. (2009). Analisis dan aspek kesehatan bahan tambahan pangan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Eka, R. (2013). Rahasia mengetahui makanam berbahaya. Jakarta: Titik Media Publisher.

Harahap, F. S., Atifah, Y., & Batubara, M. S. (2017). Penyuluhan jajanan sehat, deteksi kandungan formalin dan boraks. MARTABE: Jurnal Pengabdian Mayarakat, 1(1), 12-16.

Saparinto, C., & Hidayati, D. (2010). Bahan tambahan pangan. Yogyakarta: Kanisius.

Published
2021-05-17
How to Cite
Rohmah, J., & Rezania, V. (2021). PPM Cara Mudah dan Sederhana Deteksi Bahan Kimia Berbahaya Pada Makanan di SDN Keboharan Krian Sidoarjo. Madaniya, 2(2), 101-106. https://doi.org/10.53696/27214834.60
Section
Artikel