Pemanfaatan Media Pemasaran Online dan Diversifikasi Produk Untuk Keberlangsungan Usaha Telur Asin

  • I Dewa Made Cipta Santosa Politeknik Negeri Bali
  • Ni Luh Putu Norma Dewi Abdi Pradnyani Politeknik Negeri Bali
  • Putu Adi Suprapto Politeknik Negeri Bali
  • Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja Politeknik Negeri Bali
Keywords: telur asin, diversifikasi produk, media sosial

Abstract

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat digemari masyarakat untuk dikonsumsi. Telur dapat diolah dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengawetkan dan mengasinkan telur tersebut yang disebut dengan telur asin. Mitra dalam kegiatan ini adalah Sari Asin. Sari Asin merupakan usaha yang menghasilkan produk telur asin yang berdiri pada tahun 2015. Sari Asin terletak di Jalan Rajawali Subamia Kelong Tabanan. Pada saat ini ditengah pandemi COVID-19, terdapat beberapa kendala berupa keterbatasan alat bantu produksi, variasi produk, kemasan dan labeling produk, serta keterbatasan dalam hal pemasaran. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dan untuk tetap menjaga keberlangsungan usaha telur asin, maka akan dilakukan kegiatan bertahap mulai manajemen produksi dan pemasaran. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi, pendampingan diversifikasi produk, pemberian peralatan sebagai alat bantu produksi seperti kompor dan oven, pelatihan pengemasan dan desain label kemasan, pelatihan manajemen pemasaran seperti pelatihan media sosial. Indikator capaian adalah peningkatan jumlah produksi hingga 50%, penambahan 1 variasi jenis produk mitra, kemasan produk menjadi lebih menarik dan 50% kemasan produk berisi label kemasan dan expired date, peningkatan pasar produk sebanyak 50%. Berdasarkan hasil evaluasi, target penambahan variasi produk, peningkatan jumlah produksi, pengisian label kemasan produk dan peningkatan pasar produk tercapai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arumsari, N. R., Lusianti, D., Wisuda, N. L. (2020). Peningkatan Nilai Produk Telur Asap Lurik Pada Bumdes Prasaja Desa Batursari Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Jurnal SEMAR, 9(1), 1 – 6.

Arumsari, N. R., Marka, M. M. (2018). Strategy Competitive Advantages through Marketing. KINERJA, 22(2), 168-185.

Kriswanto, K., Wulansarie, R. (2018). IbM Usaha Ternak Bebek Petelur Dan Produsen Telur Asin Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. ABDIMAS, 22(1), 19-26.

Novia, D., Juliyarsi, I., Melia, S. (2018). Perbaikan Mutu Dan Produksi Telur Asin Pada Kelompok Usaha Telur Asin Di Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman, Logista, 2(1), 1-14.

Rahkadima, Y. T., Fitri, M. A., Wulandari, R. S. (2019). Penggunaan Pemasaran Online Pada UMKM Telur Asin Di Desa Kebonsari Kabupaten Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS) 2019, 391-396.

Wibowo, H., Marni, Z., Suryaningrum, R. A., Agustami, S. S., Pamungkas, G. A. W., Sa'bani, N. K. (2020). Edukasi Pemasaran Daring untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Guesin Pacs Desa Cibodas Jawa Barat. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 59-66.

Published
2020-11-11
How to Cite
Santosa, I. D. M. C., Pradnyani, N. L. P. N. D. A., Suprapto, P. A., & Sarja, N. L. A. K. Y. (2020). Pemanfaatan Media Pemasaran Online dan Diversifikasi Produk Untuk Keberlangsungan Usaha Telur Asin. Madaniya, 1(4), 156-164. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/31
Section
Artikel