Rancang Bangun Fasilitas Pengaliran dan Penampungan Air untuk Masyarakat Desa Girimukti, Kabupaten Bandung Barat

  • Widya Prapti Pratiwi Politeknik Manufaktur Bandung
  • Bustami Ibrahim Politeknik Manufaktur Bandung
  • Aida Mahmudah Politeknik Manufaktur Bandung
  • Asep Indra Komara Politeknik Manufaktur Bandung
  • Dinny Indrian Politeknik Manufaktur Bandung
Keywords: teknologi tepat guna, saluran air, penampungan air, pemberdayaan masyarakat

Abstract

Kondisi yang dialami oleh masyarakat Desa Girimukti, Kabupaten Bandung Barat, adalah terbatasnya ketersediaan air bersih yang dekat dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Sumber air bersih berada di atas bukit yang lokasinya cukup jauh. Fasilitas penampungan air yang ada saat ini, yaitu satu buah tangki dengan kapasitas 500 L, dirasa belum dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga Desa Girimukti. Selain itu, kondisi air dari sumber mata air masih keruh sehingga belum siap pakai. Solusi yang dilakukan dalam program ini adalah penambahan saluran air dari mata air sampai penampungan, penambahan saringan air dari sumber mata air, serta penampungan air dengan kapasitas yang lebih besar di lokasi yang lebih terjangkau oleh warga. Metode yang dilakukan dalam program ini dimulai dengan survey kebutuhan masyarakat Girimukti, survey lokasi sumber air dan lokasi instalasi penampungan air, perencanaan dan desain purwarupa, instalasi purwarupa di lokasi, dan sosialisasi mengenai penggunaan dan perawatan fasilitas. Luaran dari program ini adalah saluran air yang mampu mengalirkan air dengan debit 0,1 liter per detik dan fasilitas penampungan air dengan kapasitas 5000 liter. Fasilitas penampungan air yang baru ini mampu memenuhi kebutuhan kurang lebih 60 KK penduduk Desa Girimukti yang terbagi dalam 3 RW. Masyarakat Desa Girimukti akan berperan serta dalam membangun saluran dari tempat penampungan air ke rumah-rumah warga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daruwati, I., Away, S. F., & Anwar, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Tepat Guna Melalui Instalasi Pengolahan Air Bersih Skala Rumah Tangga di Dusun Kulim Jaya Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat, 934-941.

Gado, A., Aburman, B., & Tan, V. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pengabdian KKN di Desa Libunio Kecamatan Soa Kabupaten Ngada. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(3), 308-319.

Hambali, R., Apriyanti, Y., & Irvani. (2021). Pembangunan Prototipe Sumur Resapan di Kawasan Perumahan Padat Penduduk Kota Pangkalpinang. Jurnal Abdi Insani, 8(2), 181-192.

Hidayati, E., & Khatimah. (2020). Pemanenan Air Hujan di Pulau Tanpa Sumber Air Tawar, Gili Tapan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 90-95.

Jaya, I., Sutapa, I., & Susila, I. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok Air Bersih "Tirta Sukapura" di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Abdimas: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 52-57.

Marliana, E., Nafi, M., Febryanto, D., & Pratama, D. (2021). Pembuatan dan Sosialisasi Filter Air Skala Rumah Tangga untuk Pengadaan Air Bersih Mandiri Masyarakat. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 162 - 168.

Mina, E., Wigati, R., Kusuma, R., Fathonah, W., Tridasa, A., & Sukmana, R. (2022). Program Perwujudan Infrastruktur Desa Melalui Pembuatan Bak Penampungan Air Bersih di Desa Pasirwaru Kab Serang Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Civil Engineering for Community Development, 1(1), 59-65.

Negara, I., Kusumo, B., Kisman, Tajidan, Susilawati, L., Santoso, B., & Priyono, J. (2022). Pendampingan Masyarakat Dalam Persiapan Pembangunan Bak Induk Penampung Air Tanah Untuk Pengembangan Irigasi Lahan Kering di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 161-167.

Pratiwi, E., Andika, N., Handayani, T., Marleni, N., Awaludin, A., & Nurrochmad, F. (2023). Pengembangan Irigasi Mikro Tirta Wanagama Abadi, Kalurahan Mulusan, Kabupaten Gunung Kidul. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1284-1293.

Purnaini, R., Apriani, I., & Saziati, O. (2022). Penerapan Teknologi Tepat Guna Pengolahan Air Untuk Perbaikan Kualitas Air Sumur Bor di Kota Pontianak. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(2), 97-102.

Sandra, N., Andayono, T., Arbi, Y., & Maulana, M. (2023). Sumur Resapan untuk Pemenuhan Kebutuhan Air Bagi Masyarakat Kenagarian Aia Gadang Pasaman Barat. CIVED: Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 330-338.

Sinaga, J., Siahaan, S., & Sianturi, E. (2023). Optimasi Infrastruktur Saluran Air pada Bak Penampungan Air Masyarakat Desa Mbinanga Dengan Pendekatan Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Indonesian Journal of Community Service, 3(2), 13-18.

Published
2024-02-26
How to Cite
Pratiwi, W. P., Ibrahim, B., Mahmudah, A., Komara, A. I., & Indrian, D. (2024). Rancang Bangun Fasilitas Pengaliran dan Penampungan Air untuk Masyarakat Desa Girimukti, Kabupaten Bandung Barat. Madaniya, 5(1), 215-224. https://doi.org/10.53696/27214834.721
Section
Artikel