Peran Remaja Masjid dalam Penerapan Nilai-Nilai Al-Islam Melalui Pelatihan Dasar Kepemimpinan

  • Saleh Molla Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ardi Rumallang Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurdin Nurdin Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: remaja, pelatihan, kepemimpinan, nilai, islam

Abstract

Remaja masjid adalah salah satu komponen generasi muda pada usia mengcari jadi diri, sehingga tidak sedikit yang kemudian terpengaruh nilai kebarat-baratan (westernisasi), nilai-nilai amoral seperti pergaulan bebas, kebiasaan minum khamar, dan lain-lain sehingga identitas sebagai generasi muda Islam sering menjadi baur, padahal mereka adalah generasi harapan bangsa dan ummat yang kelak akan menjadi pemimpin, oleh karena itu diperlukan peneguhan kembali nilai-nilai Islam, melalui pengabdian masyarakat yang dikemas dalam pelatihan dasar kepemimpinan dengan menerapkan nilai-nilai Al-Islam. Tujuan pengabdian adalah memberi pemahaman kepada remaja masjid tentang kepeminpinan yang dilandasi oleh nilai-nilai Islam. Metode pengabdian melalui ceramah dan diskusi Kelompok. Hasil post test yang dilakukan setelah kegiatan menunjukkan bahwa peserta yang berjumlah 30 orang telah memahami tentang kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, terutama tentang aqidah, ibadah, dan akhlak dengan nilai rata-rata 85 dari nilai-nilai rata berkisar 55 ketika dilakukan pratest. Manfaat pertama yang dari pengabdian ini kepada mitra adalah mitra memiliki wawasan tentang kepemimpinan yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam. Manfaat kedua adalah remaja dapat menghindari kegiatan yang tidak produktif. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah remaja masjid Al-Aqabah Desa Bissoloro telah memahami dan menyadari bahwa seorang pemimpin harus mampu menginternalisasi nilai-nilai al-Islam dalam kepeminpinan pada masa yang akan datang ketika mereka menjadi pemimpin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aabed, A. (2006). A Study of Islamic Leadership Theory and Practice in K-12 Islamic Schools in Michigan. Tesis Ijazah Doktor Falsafah.

Amin, S., & Siregar, F. M. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam al-Qur’an. Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran, 1(1), 33–46.

Bahruddin, E. (2016). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. FIKRAH, 8(1).

Echols, J. M., & Shadily, H. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III Cet. II. Balai Pustaka,.

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98–111.

Siregar, S. F., Fuady, Y., Fadli, M., Al-Bukhori, A., Lubis, P. N., Nasution, S. N., & Suryani, I. (2018). Karakter dan Akhlak Pemimpin dalam Perspektif Islam. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(2), 110–116.

Taufik Yusmansyah. (2008). Aqidah Akhlaq. PT. Grafindo Media Pratama.

Wibowo, U. B. (2011). Teori Kepemimpinan. Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta [Skripsi].[Internet].[Diunduh 26 September 2017]. Tersedia Pada: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/c20201113

Published
2023-05-15
How to Cite
Molla, S., Rumallang, A., & Nurdin, N. (2023). Peran Remaja Masjid dalam Penerapan Nilai-Nilai Al-Islam Melalui Pelatihan Dasar Kepemimpinan. Madaniya, 4(2), 621-628. https://doi.org/10.53696/27214834.436
Section
Artikel