Pendampingan Literasi Menulis Siswa SD 637 Bonglo melalui Kemah Literasi
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberi pendampingan literasi menulis kepada siswa-siswa sekolah dasar. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode pendampingan. Pendampingan literasi yang diberikan berupa pemahaman keterampilan menulis melalui kegiatan kemah literasi. Peserta pendampingan merupakan siswa SD Negeri 637 Bonglo kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 26 orang. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu siswa merasa senang dan tertarik untuk mendeskripsikan perasaan melalui tulisan.
Downloads
References
Hayati. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Berorientasi Pada Diksi, Imaji, dan Gaya Bahasa Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Nasionalisme Pada Peserta Didik Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Anggraini, D. S., Pulungan, N. O., Dewi, S. E., & Wardani, H. (2023). Pendampingan Gerakan Literasi dan Numerasi di Sekolah Melalui Program Mahasiswa Pengabdi Kampus Mengajar di SD Swasta Al Ittihadiyah Kandangan Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.30998/PKMBATASA.V2I1.1537
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.673
Gusti, I., & Santika, N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377. https://doi.org/10.37081/ED.V9I2.2500
Idris, I. (2020). Kajian Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru dan Dosen di Indonesia. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.31970/GURUTUA.V3I2.57
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164–169. https://doi.org/10.17977/UM050V2I3P164-169
Lian, B. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Muttaqin, Z., Nursaly, B. R., & Amrulloh, R. (2022). Kemah Literasi Sebagai Medium Akselerasi Baca Tulis Berbasis Masyarakat. AL-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 164–171. https://doi.org/10.37216/ALMADANI.V1I2.829
Nilayani, S. A. P. (2019). Membaca Teks Berbahasa Bali Dalam Gerakan Literasi Nasional Pada Pembelajaran Berbasis K13. Lampuhyang, 10(2), 55–68. https://doi.org/10.47730/JURNALLAMPUHYANG.V10I2.182
Nugroho, G., Yulyanti, S., & Kurniawan, W. F. (2022). Literasi Penerapan Konsep ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) Untuk Meningkatkan Kreatifitas Pada Siswa SMA Seri Rama Pekanbaru. Journal of Islamic Management Applied, 1(2).
Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7297
Wiji, A., Fitriyana, Y., & Amimi, S. (2022). Literature level in Tangerang Selatan SMA area. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 106-111. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/534
Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17555
Swasono, M., Sa’diyah, A., Niafitri, R., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38-50. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.236
Ulfah, T. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2. 727–736.
Copyright (c) 2023 Sukmawaty Sukmawaty, Firman Firman, Mirnawati Mirnawati, Sukirman Sukirman, Nurul Aswar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.