Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman

  • Kartini Kartini Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Naidin Syamsuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Mustafa Mustafa Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Andi Arif Pamessangi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurmiati Nurmiati Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sukirman Sukirman Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Firman Firman Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hasriadi Hasriadi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Chaeril Institut Agama Islam Negeri Palopo
Keywords: pelatihan, pembelajaran inovatif, pesantren

Abstract

Kegiatan pengabdian ini diselenggaran untuk memberikan kemampuan kepada guru Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman dalam mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran disekolah. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru dengan menggunakan pendekatan partisipatif. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari tahap pemberian materi sampai pada tahap evaluasi materi dan kegiatan. Dari hasil evaluasi diperoleh data bahwa setelah kegiatan dilaksanakan peserta telah memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran inovatif dipondok pesantren dato sulaeman. Selain itu, dari aspek pelayanan peserta menilai kegiatan ini memberikan pelayanan yang sangat memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, W. (2022). Manajemen pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi. Bumi Aksara.

Harriguna, T., & Wahyuningsih, T. (2021). Kemajuan Teknologi Modern untuk Kemanusiaan dan Memastikan Desain dengan Memanfaatkan Sumber Tradisional. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 65–78.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Hasriadi, H. (2022). Model Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Konsepsi, 11(1), 85–97.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239.

Noor, M. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133–141.

Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2019). Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Journal of Science Education And Practice, 1(1), 20–31.

Sari, D. C., Purba, D. W., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Yayasan Kita Menulis.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.

Published
2022-10-20
How to Cite
Kartini, K., Syamsuddin, N., Mustafa, M., Pamessangi, A. A., Nurmiati, N., Sukirman, S., Firman, F., Hasriadi, H., & Chaeril, M. (2022). Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman. Madaniya, 3(4), 737-744. https://doi.org/10.53696/27214834.272
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)