Perbaikan Fisik Kemasan dan Labelisasi Produk Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Desa Kalidawir dan Desa Ketapang Sidoarjo

  • I Putu Artaya Universitas Narotama Surabaya
  • Sengguruh Nilowardono Universitas Narotama Surabaya
  • Made Kamisutara Universitas Narotama Surabaya
Keywords: modernisasi kemasan, labelisasi produk, industri rumah tangga pangan

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlokasi di desa Kalidawir dan desa Ketapang kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Jumlah pelaku industri rumah tangga pangan keseluruhan di dua desa tersebut sebanyak 34 pelaku usaha. Peserta kelompok pertama yang mengikuti kegiatan ini berjumlah enam pelaku usaha, yang produknya adalah produk pangan. Metode pelaksanaan kegiatan di lakukan melalui daring dan tatap muka terbatas. Objek kegiatan adalah proses perubahan atau modernisasi kemasan produk beserta penambahan labelnya. Dari evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, tingkat ketercapaian untuk proses pendampingan perubahan kemasan adalah 79,70% angka tersebut berada di atas angka 75% yang ditargetkan artinya kontribusi kegiatan perbaikan kemasan mampu merubah sikap pelaku usaha karena tampilan kemasan menjadi lebih baik sehingga nantinya mampu meningkatkan minat beli konsumen, sedangkan tingkat ketercapaian proses labelisasi kemasan angkanya adalah 81,25% yang artinya proses labelisasi memiliki kontribusi bagi peserta kegiatan keseluruhan, sehingga harapan peningkatan minat beli konsumen dengan adanya label di kemasan memiliki peluang untuk  mampu meningkatkan nilai tambah dan daya tarik produk bagi kosumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, D. (2019). Pengaruh Merek (Brand), Kemasan (Packaging) dan Harga (Price) Terhadap Keputusan Pembelian Selai Buah Homemade Marwah di Medan. JUMANT, 11(2), 1-12.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.

Badan Pengawas Obat dan Makanan, (2020). Pedoman Label Pangan Olahan, Retrieved from: https://pom.go.id/new/. Diakses tanggal 11 September 2021

Fahmi, I. A., Abubakar, R., Idealistuti, I., Sidik, M., Paridawati, I., & Nugroho, A. A. (2020). Penyuluhan Pengemasan, Pelabelan dan Strategi Pemasaran Serundeng Laos. Altifani Journal: International Journal of Community Engagement, 1(1), 10-14.

Julianti, S. (2014). The art of packaging: Mengenal metode, teknik, & strategi. Gramedia Pustaka Utama.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 90-99.

Lidyasuwanti, A., Rinuastuti, H., & Furkan, L. M. (2017). Pengaruh kemasan, brand image dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada produk pancake durian sharie radjanya di Kota Mataram. Jurnal Magister Manajemen Universitas Matara.

Mundzir, A., Riorini, S. V., Indarti, S. L., Chanifah, S., Yulistiyono, A., Mayratih, S., ... & Sulfata, M. A. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat menuju Era Society 5.0 Ditengah Pandemi Covid-19. Penerbit Insania.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.

Nursidiq, C., & Iftayani, I. (2020). Pelatihan Packaging dan Pendampingan Pemasaran Online bagi UMKM Yangko Anindita Purworejo. Proceeding of The URECOL, 99-104.

Puryantoro, P. (2018). PKM Desain Labelling Kemasan Kerupuk Ikan Pada Industri Kecil Menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Warta Pengabdian, 12(1), 233-238.

Ratniasih, N. L., Nugraha, D. H., & Vishnu, I. G. A. A. U. (2021). Pelatihan Pengemasan dan Pemberian Label Kemasan Pada IRT Olahan Masakan Cumi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 1-7.

Semariyani, A. M., Sudiarta, I. W., Rudianta, I. N., Candra, I. P., Mangku, I. G. P., Suriati, L., & Singapurwa, N. M. A. S. (2019). Pengemasan dan Strategi Pemasaran Produk Pangan di Desa Sulangai. Community Service Journal (CSJ), 2(1), 23-28.

Sidoarjo Dalam Angka, (2021), Pertumbuhan sektor perdagangan dan usaha mikro kecil (UKM), 25-01-2021, diakses melalui https://sidoarjokab.bps.go.id/, tanggal 12 September 2021.

Swasty, W., Rahman, Y., & Fadilla, A. N. (2019). Pelatihan Kemasan Produk Kuliner Yang Persuasif Bagi Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung. Charity, 2(1).

Trisanti, M.,(2020). Wirausaha di Era Society 5.0. 20 Desember 2020. Diakses melalui: https://www.duniakampus40.net/2020/12/wirausaha-di-era-society-50.html. Tanggal 08 September 2021.

Widyamurti, N. (2018). Pemasaran Pariwisata Melalui Kemasan Produk UKM Standing Pouch Berbahan Paper Metal di Era Ekonomi Kreatif. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 1(1).

Yuyun, A., & Gunarsa, D. (2011). Cerdas Mengemas Produk Makanan & Minuman. AgroMedia.

Published
2023-05-09
How to Cite
Artaya, I. P., Nilowardono, S., & Kamisutara, M. (2023). Perbaikan Fisik Kemasan dan Labelisasi Produk Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Desa Kalidawir dan Desa Ketapang Sidoarjo. Madaniya, 4(2), 453-465. https://doi.org/10.53696/27214834.413
Section
Artikel