Inovasi Mesin Cetak Hidrolik untuk Pembuatan Pakan Ternak Kambing Bulusari’s Farm

  • M. Abdul Wahid Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Nadia Maharani Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sefri Ton Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Umi Nuraini Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: mesin cetak pakan, prinsip hidrolik, pakan fermentasi

Abstract

Penyediaan pakan yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan manajemen nutrisi bagi ternak merupakan salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam bidang peternakan. Dalam memenuhi komponen tersebut pada permasalahan mitra, kelompok ternak Bulusari Farm, dirancang suatu teknologi mesin cetak hidrolik untuk pembuatan pakan ternak dengan menyesuaikan ukuran/dimensi mulut kambing, lebar 150 mm. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu tahapan identifikasi masalah, perancangan dan pembuatan mesin, serta tahapan sosialisasi dan pelatihan penggunaan mesin yang telah dibuat. Kegiatan berlangsung pada bulan Februari hingga agustus dengan diikuti seluruh anggota kelompok Bulusari Farm yang berjumlah 20 orang, Tim dosen/pengabdian, serta peternak di desa sekitar. Prinsip hidrolik pada mesin difungsikan untuk memudahkan dan mengurangi tenaga pada saat proses penekanan. Inovasi ini memberikan respon positif dari seluruh peserta pelatihan baik dari mitra maupun peternak di desa sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryanto, B. (2009). Inovasi teknologi pakan ternak dalam sistem integrasi tanaman-ternak bebas limbah mendukung upaya peningkatan produksi daging. Pengembangan Inovasi Pertanian, 2(3), 163–176.

Kabeakan, N., Alqamari, M., & Yusuf, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Fermentasi Pakan Komplet Berbasis Hijauan Pakan Untuk Ternak Kambing. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 196–203.

Kusmiah, N., Rahman, M. A., & Supardi, S. (2021). Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi Jerami Padi dan Hijauan Segar. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 28–33.

Santoso, B., & Hariadi, B. T. (2022). Penerapan Teknologi Fermentasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pakan Komplit Berbasis Pelepah Kelapa Sawit. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Agribisnis Peternakan (Stap), 9, 537–537.

Surtina, D., Sari, R. M., Astuti, T., Akbar, S. A., Hendri, J., & Asri, A. (2022). Peningkatan Produktivitas Ternak Potong melalui Penyediaan Pakan Fermentasi dan Pencegahan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku di Kelompok Tani Sapakek Basamo Kota Solok. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1168–1173.

Taufik, I., Hidayah, N., Idayanti, R. W., Rahayu, T. P., & Fatikhin, C. (2022). Konfigurasi Mesin Press Permen Ternak Otomatis Berbasis Sistem Pneumatik Dengan Tiga Aktuator Double Acting Cylinder. Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 7(1), 1–8.

Published
2022-11-19
How to Cite
Wahid, M. A., Maharani, N., Ton, S., & Nuraini, U. (2022). Inovasi Mesin Cetak Hidrolik untuk Pembuatan Pakan Ternak Kambing Bulusari’s Farm. Madaniya, 3(4), 999-1005. https://doi.org/10.53696/27214834.321
Section
Artikel