Pemberdayaan Usaha Loloh Melalui Pemanfataan Teknologi Tepat Guna, Media Pemasaran Online, dan Pengelolaan Keuangan

  • Ni Made Wirasyanti Dwi Pratiwi Politeknik Negeri Bali
  • I Kadek Ervan Hadi Wiryanta Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Agung Oka Sudiadnyani Politeknik Negeri Bali
Keywords: loloh, produksi, manajemen, pemasaran

Abstract

Loloh kunyit merupakan minuman tradisional yang terbuat dari kunyit dengan bahan campuran lain. Mitra dalam kegiatan ini adalah usaha Bonotis yang merupakan produsen pembuat loloh kunyit. Mitra berasal dari Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar Bali. Pada saat ini, terdapat beberapa kendala berupa keterbatasan alat bantu produksi, kurangnya pemahaman mengenai aspek K3 dalam proses produksi, kemasan produk, kurangnya manajemen keuangan serta keterbatasan dalam hal pemasaran. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka akan dilakukan kegiatan bertahap mulai manajemen produksi sampai pemasaran. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi, pemberian teknologi tepat guna yaitu peralatan sebagai alat bantu produksi seperti mesin penghancur bahan baku, Pelatihan aspek K3, pelatihan labeling kemasan, pelatihan manajemen keuangan, pembuatan sosial media dan website serta pelatihan penggunaan sosial media dan website. Indikator capaian adalah peningkatan peningkatan jumlah produksi hingga 50%, 80% produk berisi label kemasan dengan melibatkan 2 orang karyawan, mitra mempunyai media sosial facebook dan instagram sebagai media pemasaran, 2 orang anggota usaha dapat menerapkan aspek K3 dalam proses produksi, 1 orang anggota usaha dapat mengelola pembukuan dan pencatatan keuangan dan 1 orang anggota usaha dapat melakukan pengelolaan terhadap content media sosial. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan yang dilakukan keseluruhan target tercapai berupa peningkatan jumlah produksi sebesar 75%, 2 orang karyawan menerapkan aspek K3, 1 orang karyawan dapat membuat laporan keuangan sederhana, 2 orang karyawan dapat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran online serta 80% produk siap jual telah berisi label.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, D., Muliawarti, R. (2013). Pilar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika: Yogyakarta.

Indika, D. R., Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32

Suprapto, P. A., Wiryanta, I. K. E. H., Sudiadnyani, I. G. A. O., Sarja, N. L. A. K. Y. (2019). Pemberdayaan Kelompok Usaha Loloh Di Dusun Ked, Desa Taro, Kabupaten Gianyar. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 8(4), 239-243.

Theopilus, Y., Damayanti, K. A., Yogasara, T., Ariningsih, P. K. (2018). Pengembangan Kemasan Makanan Untuk Menghasilkan User Experience Yang Positif: Studi Kasus Pada Salah Satu UMKM Makanan Di Kota Bandung. Seminar Nasional & Kongres VIII PEI.

Zellini, Z., Wiasti, N. M., Sama, I. M. (2017). Ekonomi Kreatif: Pengembangan Loloh Cemcem Di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali Zania. Jurnal Humanis, 19(1), 333-340.

Zendrato, R. R. P., Sunardi, S. (2020). Penerapan Prinsif Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Ukm Pande Besi Tradisional. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Published
2020-11-11
How to Cite
Pratiwi, N. M. W. D., Wiryanta, I. K. E. H., & Sudiadnyani, I. G. A. O. (2020). Pemberdayaan Usaha Loloh Melalui Pemanfataan Teknologi Tepat Guna, Media Pemasaran Online, dan Pengelolaan Keuangan. Madaniya, 1(4), 147-155. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/30
Section
Artikel