Pelatihan Penerapan Model Snowball Throwing Pada Pembelajaran Matematika SMA
Abstract
Secara umum dikatakan belajar yang berhasil adalah belajar yang menghasilkan perubahan. Perubahan bisa dihasilkan dari segi afektif atau kognitif ataupun keduanya. Salah satu masalah dalam belajar matematika dari banyak masalah yang ada adalah pembelajaran yang masih cenderung monoton bahkan vakum. Siswa kurang dipacu dan dilibatkan dalam proses pengelolaan pengetahuan saat pembelajaran di kelas matematika. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penerapan model snowball throwing pada pembelajaran matematika SMA. Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk menambah referensi model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas matematika. Sedangkan tujuan khusus pelatihan ini adalah mengukur pemahaman guru dan siswa serta mengetahui sikap siswa saat praktik penerapan model snowball throwing. Bentuk kegiatan meliputi pemberian makalah, praktik model pembelajaran snowball throwing, diskusi tanya-jawab antara peserta pelatihan dengan pelatih. Peserta kegiatan ini meliputi satu orang guru matematika dan 40 orang siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimonitoring oleh kepala sekolah. Berdasarkan instrumen lembar observasi yang diberikan kepada guru dan perwakilan siswa tiap kelompok diperoleh hasil bahwa model pembelajaran snowball throwing yang dilatih mampu dipahami oleh guru dan siswa. Terlihat sikap siswa baik, semangat dan antusias selama pelatihan berlangsung. Siswa saling bekerja sama melakukan persiapan jika sewaktu-waktu remasan kertas berbentuk bola yang berisi pertanyaan dilemparkan ke arah salah satu siswa perwakilan kelompoknya. Kegiatan pelatihan ini memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Selain itu membantu guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa akan materi yang pelajari dan juga meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar di kelas matematika.
Downloads
References
Abdullah, I. H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Dengan Strategu Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–9.
Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 1–16. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2717.
Delisda, D. S. D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84.
Elferasari, A. (2017). Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII-a SMP Kartika XII-1. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1239
Fitriyani, E., & Kusmanto, B. (2016). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 445–452.
Gusmania, Y., & Wahyudha, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Question Students Have Dengan Teknik Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ananda Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Phythagoras, 4(2), 56–61.
Handayani, T., Mujasam, M, & Widyaningsih, S. W. Y. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21677.
Hirzi, R. H., Sripatmi, S., & Hapipi, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Segiempat Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Lingsar Kelas VII-1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pijar MIPA, 10(1), 37–40.
Suliswa, S., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 127. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.208.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardani, N. K. P. K., Sumantri, M., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Copyright (c) 2021 Tetty Natalia Sipayung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.