Pelatihan Penerapan Model Snowball Throwing Pada Pembelajaran Matematika SMA

Keywords: model snowball throwing, pembelajaran matematika

Abstract

Secara umum dikatakan belajar yang berhasil adalah belajar yang menghasilkan perubahan. Perubahan bisa dihasilkan dari segi afektif atau kognitif ataupun keduanya. Salah satu masalah dalam belajar matematika dari banyak masalah yang ada adalah pembelajaran yang masih cenderung monoton bahkan vakum. Siswa kurang dipacu dan dilibatkan dalam proses pengelolaan pengetahuan saat pembelajaran di kelas matematika. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penerapan model snowball throwing pada pembelajaran matematika SMA. Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk menambah referensi model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas matematika. Sedangkan tujuan khusus pelatihan ini adalah mengukur pemahaman guru dan siswa serta mengetahui sikap siswa saat praktik penerapan model snowball throwing. Bentuk kegiatan meliputi pemberian makalah, praktik model pembelajaran snowball throwing, diskusi tanya-jawab antara peserta pelatihan dengan pelatih. Peserta kegiatan ini meliputi satu orang guru matematika dan 40 orang siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimonitoring oleh kepala sekolah. Berdasarkan instrumen lembar observasi yang diberikan kepada guru dan perwakilan siswa tiap kelompok diperoleh hasil bahwa model pembelajaran snowball throwing yang dilatih mampu dipahami oleh guru dan siswa. Terlihat sikap siswa baik, semangat dan antusias selama pelatihan berlangsung. Siswa saling bekerja sama melakukan persiapan jika sewaktu-waktu remasan kertas berbentuk bola yang berisi pertanyaan dilemparkan ke arah salah satu siswa perwakilan kelompoknya. Kegiatan pelatihan ini memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Selain itu membantu guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa akan materi yang pelajari dan juga meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar di kelas matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tetty Natalia Sipayung, Universitas Katolik Santo Thomas

Pendidikan Matematika

References

Abdullah, I. H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Dengan Strategu Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–9.

Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 1–16. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2717.

Delisda, D. S. D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84.

Elferasari, A. (2017). Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII-a SMP Kartika XII-1. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1239

Fitriyani, E., & Kusmanto, B. (2016). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 445–452.

Gusmania, Y., & Wahyudha, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Question Students Have Dengan Teknik Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ananda Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Phythagoras, 4(2), 56–61.

Handayani, T., Mujasam, M, & Widyaningsih, S. W. Y. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21677.

Hirzi, R. H., Sripatmi, S., & Hapipi, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Segiempat Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Lingsar Kelas VII-1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pijar MIPA, 10(1), 37–40.

Suliswa, S., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 127. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.208.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardani, N. K. P. K., Sumantri, M., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Published
2021-12-07
How to Cite
Sipayung, T. N. (2021). Pelatihan Penerapan Model Snowball Throwing Pada Pembelajaran Matematika SMA. Madaniya, 2(4), 473-478. https://doi.org/10.53696/27214834.124
Section
Artikel