Writing and Sharing (Wish) Book
Abstract
Kegiatan Writing and Sharing (Wish) Book bertujuan menstimulasi mahasiswa agar dapat menulis aktif, kreatif, dan produktif, serta berbagi tulisan mereka ke perpustakaan daerah. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa persiapan kegiatan, pembimbingan menulis puisi, pendampingan berbagi buku, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan buku puisi “A Class of Rhythm” yang mendapat respon baik dari mahasiswa penulis dan pihak perpustakaan. Mahasiswa mendapatkan pengalaman praktik menulis kreatif yang produktif serta termotivasi untuk aktif menulis dan berbagi ke publik. Pihak perpustakaan di wilayah Luwu Raya mengapresiasi buku yang dibagikan karena ditulis oleh putra-putri daerah dan menjadi koleksi yang menarik untuk dibaca.
Downloads
References
Barnet, S. (2007). The Practical Guide to Writing: with Readings and Handbook. Canada: Pearson Education Canada.
Dir. PTKI. Dirjen Pendis. Kemenag RI. (2018). SKL dan CPL Prodi Jenjang Sarjana pada PTKI dan FAI pada Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemenag RI.
Fithriani, R. (2021). Poetry Writing in EFL Classrooms: Learning from Indonesian Students’ Strategies. Annual International Conference on Language and Literature (AICLL), 59-75. https://doi.org/10.18502/kss.v5i4.8667
Hanauer, D. I. (2012). Meaningful Literacy: Writing Poetry in the Language Classroom. Lang. Teach., 45(1), 105-115. https://doi.org/10.1017/S0261444810000522
Iida, A. & Chamcharatsri, B. (2020): Emotions in Second Language Poetry Writing: a Poetic Inquiry into Japanese EFL Students’ Language Learning Experiences. Innovation in Language Learning and Teaching. https://doi.org/10.1080/17501229.2020.1856114
Sari, W. S., Hasibuan, J. R., Putri, C. A. (2020). Facilitating Novice Writers with Creative Writing Workshop in Poetry Writing Classroom (Indonesian EFL Context). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE), 3(2), 706-713.
Widodo, H. P., Budi, A. B., Wijayanti, F. (2016). Poetry Writing 2.0: Learning to Write Creatively in a Blended Language Learning Environment. Electronic Journal of Foreign Language Teaching. 13(1), 30-48.
Copyright (c) 2021 Magfirah Thayyib, Devi Ismayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.