Pemanfaatan Buah Tomat Melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Tomat di Desa Saka Lagun Kabupaten Kapuas

  • Annisaturaida Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhamad Ashri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Kasella Ranti Estaty Putri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Bella Indriati Wulansari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Maulida Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Abidah Masrurah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Aulia Rahmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nada Syifa Nadia Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Fahmi Khairian Nor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Askiya Ramadhanu Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Nasir Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Keywords: pelatihan, sirup, tomat

Abstract

Tomat (Solanum lycopersicum) merupakan buah yang memilki warna merah menarik serta kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C. Maka tidak salah kalau tomat sangat bermanfaat menjaga sistem imun tubuh. Buah tomat dapat diolah berbagai macam makanan seperti selai, saus, dan sambal. Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Petak kabupaten Kapuas merupakan desa yang masyarakatnya bermata pencarian sebagai petani. Salah satu hasil pertanian yang didapatkan adalah buah tomat. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan dari narasumber ke masyarakat untuk menambah ide bisnis yang dapat dilakukan dan meningkatkan nilai ekonomi keluarga. Pelaksanaan pelatihan pembuatan sirup tomat ini berlangsuk pada bulan Agustus 2023, dengan hasil kegiatan ibu-ibu PKK dan masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan pelatihan pembuatan sirup tomat. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan peluang dan ide bisnis baru kepada masyarakat Desa Saka Lagun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Junnaeni, J., & Mahati, E. (2019). Ekstrak Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.) Menurunkan Kadar Glutation Darah Tikus Wistar Hiperurisemia. Nani Maharni JKD, 8(2), 758–767.

Rantung, J., Mandey, J., & Londa, V. (2018). Peranan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Menggerakkan Partisipasi Masyarakat Desa. Jurnal Administrasi Publik, 4(5).

Sujana, D., Wardani, D., & Nurul, N. (2020). Review Artikel: Potensi Likopen dari Buah Tomat (Solanum lycopersicum L) sebagai Antiaging Topikal. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 3(1), 2020–2056.

Zebua, M. J., Suharsi, T. K., & Syukur, M. (2019). Studi Karakter Fisik dan Fisiologi Buah dan Benih Tomat (Solanum lycopersicum L.) Tora IPB. Buletin Agrohorti, 7(1).

Published
2023-11-27
How to Cite
Annisaturaida, A., Ashri, M., Putri, K. R. E., Wulansari, B. I., Maulida, M., Masrurah, A., Rahmah, A., Nadia, N. S., Nor, F. K., Ramadhanu, M. A., & Nasir, M. (2023). Pemanfaatan Buah Tomat Melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Tomat di Desa Saka Lagun Kabupaten Kapuas. Madaniya, 4(4), 2110-2115. https://doi.org/10.53696/27214834.648
Section
Artikel