Pembuatan Video Campaign untuk Meningkatkan Kesadaran Calon Wisatawan Potensial Berbasis Digital bagi Kampung Wisata Kali Gajah Wong

  • Lucia Kurniawati Universitas Sanata Dharma
  • Fransiska Desiana Pranatasari Universitas Sanata Dharma
  • Yuliana Rini Hardanti Universitas Sanata Dharma
  • Laurentius Bambang Harnoto Universitas Sanata Dharma
  • Patrick Vivid Adinata Universitas Sanata Dharma
  • Maria Theresia Ernawati Universitas Sanata Dharma
  • Gregorius Hendra Poerwanto Universitas Sanata Dharma
  • Albertus Yudi Yuniarto Universitas Sanata Dharma
  • Aurelia Melinda Nisita Wardhani Universitas Sanata Dharma
Keywords: video campaign, kampung wisata Gajah Wong, digital marketing

Abstract

Kampung Wisata Kali Gajah Wong adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keunikan bentang alam, keragaman aktivitas dan budaya urban komunal khas Kota Yogyakarta. Meskipun memiliki potensi yang besar, masih terjadi kendala dalam meningkatkan kesadaran calon wisatawan potensial terhadap keberadaan kampung wisata ini. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video campaign berbasis digital dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Pengabdian ini telah menghasilkan video campaign yang mampu meningkatkan jumlah kunjungan terutama ke Bendung Lepen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi Husnul. (2021) Bendung Lepen di Jogja, Taman Desa Kotor Kini Jadi Tempat Wisata Keluarga yang Nyaman, Liputan 6 https://www.liputan6.com/hot/read/4470937/bendung-lepen-di-jogja-taman-desa-kotor-kini-jadi-tempat-wisata-keluarga-yang-nyaman diakses 2 Februari 2023

Dewi, Ike Janita, (2011). Pengembangan Destinasi Pariwisata yang Berkelanjutan. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Mulasari, S. A. (2018). Penerapan teknologi tepat guna (penanam hidroponik menggunakan media tanam) bagi masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 425-430.

Pranatasari, F. D., Kristia, K., Purnamaningwulan, R. A., & Mukti, T. W. P. (2022). Pendampingan Formulasi Konten Pemasaran Digital Berbahasa Inggris Pada Melcosh Café & GlamCamp. Madaniya, 3(2), 254-264. https://doi.org/10.53696/27214834.167

Pranatasari, F. D. P. (2016). Digital Marketing Trend Dalam Mengoptimalkan Media Pemasaran Lebih Efektif Untuk Peningkatan Pendapatan Perusahaan. Jurnal Stei Ekonomi, 24(1). https://doi.org/10.36406/jemi.v24i01.67

Rubiyatno, R., Kurniawati, L., & Diva, M. A. (2021). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Social Media Marketing dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Dusun Tegal Balong, Bimomartani, Sleman. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 3(2). https://doi.org/10.37715/leecom.v3i2.2354

Published
2023-08-16
How to Cite
Kurniawati, L., Pranatasari, F. D., Hardanti, Y. R., Harnoto, L. B., Adinata, P. V., Ernawati, M. T., Poerwanto, G. H., Yuniarto, A. Y., & Wardhani, A. M. N. (2023). Pembuatan Video Campaign untuk Meningkatkan Kesadaran Calon Wisatawan Potensial Berbasis Digital bagi Kampung Wisata Kali Gajah Wong. Madaniya, 4(3), 1162-1169. https://doi.org/10.53696/27214834.534
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)