Implementasi Aplikasi Absensi Sholat Sebagai Upaya Mendisiplinkan Siswa Sholat Tepat Waktu
Abstract
Membentuk karakter anak didik yang berkualitas dengan nilai-nilai yang baik merupakan tanggung jawab bersama orang tua, sekolah dan masyarakat. Pembiasaan disiplin melakukan kegiatan ibadah yang dikerjakan dengan monitoring dari orangtua dan guru merupakan salah satu upaya pembentukan karakter disiplin. Aplikasi absensi sholat melengkapi upaya tersebut. Aplikasi absesi sholat ini tersedia versi mobile dan website dan digunakan untuk anak didik di lingkungan SMP Negeri 19 Jakarta. Salah satu hasil kuisioner indikator Apakah peserta mendapatkan hal yang bermanfaat dari kerjasama antara SMP Negeri 19 dengan tim pengabdian masyarakat, peserta menilai 88% sangat sesuai, 12% sesuai, nilai 0% untukkurang sesuai dan tidak sesuai.
Downloads
References
Ali, N. M. F. (2016). Shalat Lima Waktu Berjamaah dan Relevansinya dengan Pengendalian Diri Dari Perbuatan Keji dan Munkar Siswa MA Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Depok. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/44632/1/NUR MUHAMMAD FIKRI ALI-FITK.pdf
Armadananto, A. C., Bijaksana, S., & Hudha, M., N. (2023). Perancangan Aplikasi Mobile Pengingat dan Monitoring Ibadah Sholat Wajib Untuk Siswa SMP Berbasis Android. STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS), 2(1), 43–50. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/stains/article/view/2854
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, (2003). https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm
Mulyana, D. I., Furqan, M., Rahmanto, M. D., Yasin, S. A., & Rosidi, R. P. M. (2023). Penerapan Sistem Absensi Near Field Communication Berbais Android pada IDN Boarding School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1319–1335. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11161
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sukma, C. D., Hidayat, S., & Giyartini, R. (2021). Penanaman Karakter Kedisiplinan melalui Pembiasaan Shalat Lima Waktu di SDIT At-Taqwa Narogong Kota Bekasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 987–998. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41879
Yandri, A. (2022). Pendidikan Karakter:Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas. Web Page. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/pendidikan-karakter-:-peranan-dalam-menciptakan-peserta-didik-yang-berkualitas
Zaitun, Z., & Habiba, S. (2013). Implementasi Sholat Fardhu Sebagai Sarana Pembentuk Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 153–168. http://jurnal.upi.edu/taklim/view/2288/implementasi-sholat-fardhu-sebagai-sarana-pembentuk-karakter-mahasiswa-universitas-maritim-raja-ali-haji-tanjungpinang.html
Copyright (c) 2023 Mufti Mufti, Nurwati Nurwati, Yudi Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.