Pemberdayaan Pemulung Pancoran Barat melalui Pelatihan Aneka Kreasi Daur Ulang

  • Devy Mawarnie Puspitasari Universitas Mercu Buana
  • Matsani Matsani Universitas Mercu Buana
Keywords: Pemberdayaan, Pemulung, Aneka Kreasi Daur Ulang

Abstract

Peningkatan pemulung terlihat di beberapa kawasan perkotaan, termasuk kawasan Pancoran Barat Jakarta Selatan. Pola hidup mereka biasanya kumuh dan tinggal di daerah berisiko tinggi. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan dan kualifikasi yang tidak memadai. Selain itu, sebagian besar rumah mereka tidak dapat dihuni karena minimnya pendapatan. Dilihat dari fenomena di atas, diperlukan adanya pembinaan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, khususnya dalam memanfaatkan barang bekas yang dikumpulkan untuk kembali produktif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan memberdayakan pemulung Pancoran Barat melalui pelatihan kreasi daur ulang di RT. 008/003 Jakarta Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap persiapan. Tahap kedua adalah demonstrasi mengolah sampah anorganik menjadi berbagai kreasi daur ulang. Tahap ketiga adalah pelatihan tentang pemasaran produk dan akuntansi keuangan dengan cara yang sederhana. Tahap keempat adalah evaluasi keberhasilan program. Hasil yang diperoleh melalui simulasi dan penyuluhan adalah ibu-ibu pemulung lebih kreatif dalam menggunakan kesempatannya untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2022). https://www.bps.go.id/

Cahyono, B., Amboningtyas, D., Haryono, A. T., & Malik, D. (2017). Analisa Kekuatan Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing, Oflline Marketing dan Service Excellent Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Adinata Graha Raya Kaliwungu Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen, 3(3).

Chalik, A. A. (2011). Formulasi Kebijakan Sistem Pengolahan Sampah Perkotaan Berkelanjutan Studi Kasus: DKI Jakarta. Jurnal Permukiman, 6(1), 18-30.

Dimyati, A. (2018). Peran dan Tugas Perempuan dalam Keluarga. Pengabdian Kepada Masyarakat.

Edi Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial (Bandung: PT Refika Aditama, 2009), h. 131.

ESP-USAID. (2010). Modul Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Jakarta: Environmental Services Program.

Himawan, R. P., & Puspitasari, D. M. (2023). Pengaruh Dimensi Social Commerce Marketing Mix terhadap Customer Loyalty Pada Produk Thrift di Platform Instagram. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1317-1324. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1685

Mangkunegara, A. A., & Prabu, A. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Refika Aditama.

Puspitasari, D. M. (2021). Role of Rural Bank in MSE Economic Development in Indonesia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(8), 749-752.

Utami, E. M., Puspitasari, D. M., Nursjanti, F., Amaliawiati, L., & Yuliani, R. (2023). Penguatan Tata Kelola Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kampoeng Rajoet Bandung. Madaniya, 4(1), 348-357.

Wahab, R. N. (2017). Upaya Pemberdayaan Pemulung Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Pabbentengng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Wahyuni. (2012). Penanggulangan Kemiskinan: Tinjauan Sosiologi terhadap Dampak Pembangunan. Alauddin University Press.

Published
2023-05-16
How to Cite
Puspitasari, D. M., & Matsani, M. (2023). Pemberdayaan Pemulung Pancoran Barat melalui Pelatihan Aneka Kreasi Daur Ulang. Madaniya, 4(2), 769-774. https://doi.org/10.53696/27214834.462
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)