Pelatihan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Entrepreneurship Siswa SMA Tri Karya Surabaya

  • Sri Nathasya Br Sitepu Universitas Ciputra Surabaya
  • Gerald Chester Somangkey Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: pelatihan, komunikasi, bisnis, entrepreneurship

Abstract

Pelatihan komunikasi merupakan bentuk kepedulian terhadap pendidikan khususnya bidang entrepreneurship. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan entrepreneurship siswa/i SMA Tri Karya Surabaya. Permasalahan yang ditemui adalah siswa/i belum memiliki belum mendapatkan materi komunikasi dalam pembelajaran entrepreneurship di sekolah. Metode pelatihan dilakukan melalui empat tahap diantaranya: Pemutaran video mengenai pentingnya komunikasi, pemaparan materi komunikasi bisnis dan simulasi untuk melatih kemamuan komunikasi serta, pemberian kesimpulan dari keseluruhan pelatihan yang dilakukan. Hasil dari program pelatihan komunikasi bisnis membuat siswa/i SMA Tri Karya mampu meningkatkan cara berkomunikasi para peserta serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi di depan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. R. (2010, Maret). Komunikasi Bisnis. Al-Tajdid, 11(1), 53-63. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/916/723

Ardilla, N. D., & Pramunisto, H. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Internal, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bp3akb Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, X (1), 53-66. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/5094/4139

Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017, Agustus). Pengaruh Growth dan Fixed Mindset terhadap Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung. Humanitas, 1(2), 133-146. https://journal.maranatha.edu/index.php/humanitas/article/view/422/414

Dwinarko, D., Sjafrizal, T., Dewi, N. K., Sulistyanto, A., & Widodo, A. (2020). Pelatihan Manajemen Komunikasi Bisnis Dan Budaya Masyarakat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Ponggang Serangpanjang Subang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 3(1).

Hayah, N. N. (2022, April). Pelatihan Komunikasi Bisnis dengan Metode Komunikasi Tertulis dan Lisan Pada Pembangunan Bisnis Masyarakat Kota Surabaya. Al-Tatwir, 9(1), 41-54. http://altatwir.uinkhas.ac.id/index.php/altatwir/article/view/53/45

Hidayat, N., Herlisya, D., & Apriyanto, S. (2022, April). Pelatihan Public Speaking Dan Presentation Skill Dalam Manajemen Komunikasi Bisnis Untuk Pegawai. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 3(1), 13-20. https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/view/1571/1175

Hidayati, E., Nugroho, H. A., & Indrawati, N. D. (2019). Pelatihan Jiwa Kewirausahaan Dan Komunikasi Bisnis Dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 2(1).

Mulyana, Deddy. (2018). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A., Nurhayati, N., & Alfiansyah, F. (2021). Pelatihan Manajemen Produk Dengan Pendekatan Komunikasi Bisnis Di Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan. Jurnal Pengabdian Kontribusi, 1(1), 82-89.

Purwanto, Djoko. (2011). Komunikasi Bisnis. Erlangga, Jakarta.

Sitepu, S. N. B. (2021). Pendidikan Entrepreneurship bagi Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mugibangkit. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 260-270.

Sitepu, S. N. B. (2020). PKM Pengelolaan Bisnis Berbasis Entrepreneurship pada Pengrajin Keset Kaki Desa Panggungduwet. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(3), 239-248.

Published
2023-05-14
How to Cite
Sitepu, S. N. B., & Somangkey, G. C. (2023). Pelatihan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Entrepreneurship Siswa SMA Tri Karya Surabaya. Madaniya, 4(2), 554-561. https://doi.org/10.53696/27214834.431
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)