Pelatihan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Entrepreneurship Siswa SMA Tri Karya Surabaya
Abstract
Pelatihan komunikasi merupakan bentuk kepedulian terhadap pendidikan khususnya bidang entrepreneurship. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan entrepreneurship siswa/i SMA Tri Karya Surabaya. Permasalahan yang ditemui adalah siswa/i belum memiliki belum mendapatkan materi komunikasi dalam pembelajaran entrepreneurship di sekolah. Metode pelatihan dilakukan melalui empat tahap diantaranya: Pemutaran video mengenai pentingnya komunikasi, pemaparan materi komunikasi bisnis dan simulasi untuk melatih kemamuan komunikasi serta, pemberian kesimpulan dari keseluruhan pelatihan yang dilakukan. Hasil dari program pelatihan komunikasi bisnis membuat siswa/i SMA Tri Karya mampu meningkatkan cara berkomunikasi para peserta serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi di depan umum.
Downloads
References
Abdullah, M. R. (2010, Maret). Komunikasi Bisnis. Al-Tajdid, 11(1), 53-63. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/916/723
Ardilla, N. D., & Pramunisto, H. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Internal, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bp3akb Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, X (1), 53-66. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/5094/4139
Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017, Agustus). Pengaruh Growth dan Fixed Mindset terhadap Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung. Humanitas, 1(2), 133-146. https://journal.maranatha.edu/index.php/humanitas/article/view/422/414
Dwinarko, D., Sjafrizal, T., Dewi, N. K., Sulistyanto, A., & Widodo, A. (2020). Pelatihan Manajemen Komunikasi Bisnis Dan Budaya Masyarakat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Ponggang Serangpanjang Subang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 3(1).
Hayah, N. N. (2022, April). Pelatihan Komunikasi Bisnis dengan Metode Komunikasi Tertulis dan Lisan Pada Pembangunan Bisnis Masyarakat Kota Surabaya. Al-Tatwir, 9(1), 41-54. http://altatwir.uinkhas.ac.id/index.php/altatwir/article/view/53/45
Hidayat, N., Herlisya, D., & Apriyanto, S. (2022, April). Pelatihan Public Speaking Dan Presentation Skill Dalam Manajemen Komunikasi Bisnis Untuk Pegawai. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 3(1), 13-20. https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/view/1571/1175
Hidayati, E., Nugroho, H. A., & Indrawati, N. D. (2019). Pelatihan Jiwa Kewirausahaan Dan Komunikasi Bisnis Dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 2(1).
Mulyana, Deddy. (2018). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, A., Nurhayati, N., & Alfiansyah, F. (2021). Pelatihan Manajemen Produk Dengan Pendekatan Komunikasi Bisnis Di Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan. Jurnal Pengabdian Kontribusi, 1(1), 82-89.
Purwanto, Djoko. (2011). Komunikasi Bisnis. Erlangga, Jakarta.
Sitepu, S. N. B. (2021). Pendidikan Entrepreneurship bagi Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mugibangkit. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 260-270.
Sitepu, S. N. B. (2020). PKM Pengelolaan Bisnis Berbasis Entrepreneurship pada Pengrajin Keset Kaki Desa Panggungduwet. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(3), 239-248.
Copyright (c) 2023 Sri Nathasya Br Sitepu, Gerald Chester Somangkey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.