Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu dan Media Audio Visual

  • Ratnawati Ratnawati Akademi Bahasa Asing UMI Makassar
  • Lusy Angraeni Akademi Bahasa Asing UMI Makassar
Keywords: lagu, media audio visual, Bahasa Inggris, TPA Jannatul Firdaus

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis lagu dan media audio-visual sangat cocok diimplementasikan bagi siswa khususnya di tingkat dasar. Lagu menjadi sumber belajar yang baik untuk pembelajaran bahasa Inggris dengan didukung media audio-visual karena sangat mendukung proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuannya dalam melafalkan, menghafalkan kosakata dan ungkapan bahasa Inggris yang sederhana. Penerapan lagu dan media audio-visual sesuai dengan kebutuhan anak dalam proses belajar. Selama kegiatan pembelajaran bahasa Inggris berlangsung, siswa diberi stimulasi dengan memperdengarkan lagu yang dapat dilihat dan didengar langsung dan sesuai dengan target yang ingin dicapai dari pengajaran ini yaitu siswa partisipasi aktif mampu melafalkan, menghafalkan kosa kata dan ungkapan bahasa Inggris yang sederhana. IbM pengabdian yang dilakukan benar-benar merupakan kegiatan yang bersinergi secara positif dengan masyarakat khususnya siswa TPA Jannatul Firdaus. Hasil kegiatan pengabdian selama 3 (tiga) bulan menunjukkan kemampuan siswa yang mengalami peningkatan yang cukup baik dalam memahami bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat melalui partisipasi siswa sejak awal hingga akhir kegiatan. Para siswa lebih bersemangat dan percaya diri dalam mengucapkan kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English

Diknas dan LP2MI Kota Pare-Pare. (2004). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V dan VI Sekolah Dasar. Pare Pare: Dinas P dan K dengan LP2MI

Ratminingsih, N. M., & Budasi, I G. (2014). Pengembangan media audio pembelajaran bahasa Inggris berbasis lagu kreasi di kelas lima sekolah dasar. Laporan Penelitian. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito, H. (2002). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2021-01-25
How to Cite
Ratnawati, R., & Angraeni, L. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu dan Media Audio Visual. Madaniya, 2(1), 79-86. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/40
Section
Artikel