Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Usaha Keripik Tempe

  • Nyoman Ayu Nila Dewi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Made Satria Wibawa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Rupika Jimbara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Hengky Purnama Ariwijaya Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Nyoman Fery Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Keywords: tempe, pemasaran, digital marketing, pengabdian masyarakat, brand identity

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan melibatkan salah satu industri rumah tangga pengolah keripik tempe. Keripik tempe yang diproduksi memiliki 3 rasa yaitu original, embe dan caramel. Mitra memulai usaha keripik tempe pada awal tahun 2020. Produksi keripik tempe dibantu oleh 2 orang karyawan dan pemilik usaha ini bernama Ibu Riska, pendapatan perbulan saat ini berkisar antara Rp 900.000 – Rp 1.200.000. Permasalahan mitra saat ini dari aspek produksi adalah mitra memiliki keterbatasan alat produksi sehingga mitra tidak dapat menerima pemesanan lebih dari kapasitas alat yang dimiliki, waktu pengerjaan produksi membutuhkan waktu 6 jam pengerjaan dengan menggunakan alat manual dan keterbatasan alat produksi. Permasalahan pada aspek pemasaran adalah keterbatasan pengetahuan mitra dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi untuk produk yang dihasilkan. Permasalahan berikutnya adalah mitra belum memiliki desain brand identity yang menarik dan mudah dipasarkan oleh mitra. Dari permasalahan tersebut solusi yang dapat diberikan adalah peningkatan jumlah alat produksi agar dapat mengurangi waktu produksi dan menambah jumlah produksi. Aspek pemasaran akan memberikan pelatihan Instagram dan facebook untuk memperluas pemasaran produk. Memberikan pelatihan pembuatan brand identity produk keripik tempe. Tim pelaksana dalam kegiatan pengabdian ini berjulah 5 orang dan 2 orang peserta pengabdian. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah  peningkatan jumlah produksi, informasi produk lebih luas dan peningkatan pengetahuan mitra terhadap pemanfaatan penggunaan teknologi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menghasilkan brand identity dan pemasaran produk melalui instagram for business.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawati, T., Sa’ida, N., Wahono, W., & Hermoyo, P. (2019). Peningkatan Produktivitas Pengusaha Tempe. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181.

Saputra, R., Ardhiani, L. N., & ... (2020). Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Batang. … Masyarakat UNDIP 2020, 352–356.

Suparjo, & Hariastuti, N. L. P. (2017). Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk UKM Produk Tempe Di Kapasjaya. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 2(3), 1–9.

Susanti, E. (2020). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA SAYANG KECAMATAN JATINANGOR. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36.

Published
2021-08-06
How to Cite
Dewi, N. A. N., Wibawa, M. S., Jimbara, I. W. R., Ariwijaya, I. P. H. P., & Pramana, I. N. F. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Usaha Keripik Tempe. Madaniya, 2(3), 221-230. https://doi.org/10.53696/27214834.81
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)