Implementasi Kampung Inggris dan Manfaatnya Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Sikur
Abstract
Di tengah pandemi yang melanda, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah daerah mutlak diperlukan. Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan pula terintegrasi dengan kegiatan kepariwisataan di tingkat daerah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mensinergikan antara unsur tri dharma perguruan tinggi dan pemerintah daerah khususnya di tingkat kecamatan. Metode yang gunakan dalam pengabdian ini adalah metode kunjungan lapangan ke lokasi pengabdian di Kecamatan Sikur. Hasil dari pengabdian ini adalah memberikan motivasi tentang sangat pentingnya menguasai percakapan Bahasa Inggris mulai sejak dini, karena hal tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat luas dan sangat besar dalam perjalanan karier dalam masa depan peserta pelatihan kampung Inggris. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah perlunya memberikan motivasi terutama dengan memberikan pemahaman dan peta terhadap penguatan kegiatan kampung Inggris di masa yang akan datang, serta memerlukan dukungan dari semua pihak, baik itu dari unsur perguruan tinggi sebagai mitra strategis lokasi pengabdian maupun dari pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kecamatan setempat.
Downloads
References
Arifianto, C., Susilo, A., Mutawali, M., Tahuddien, R., & Romdonih, F. (2020). Peningkatan Kapabilitas Teknologi Dalam Menghadapi Era Disrupsi Pada Generasi Milenial Melalui Webinar. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89-94. https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.142
Aunurrahman, A., Musa, M., Rustam, R., Kusumaningsih, C., Susanti, E., Kurniawati, T., Irwan, D., Wiyanti, S., Sahrawi, S., Hafis, M., Anita, F., Putra, M., Astuti, D., Sari, D., Syahadati, E., Darajat, A., & Ramadhiyanti, Y. (2021). Membangun Minat Peserta Didik Kampung Inggris Parit Baru Dalam Belajar Bahasa Inggris. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 282-292. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1907
Azizah, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru- Guru SD Negeri 3 Melayu Muara Teweh. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78-83. https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.152
Fathaddin, M., Sitaresmi, R., Kasmungin, S., Sriwahyuni, M., Widyatni, H., Oetomo, H., & Hakim, D. (2020). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Untuk Siswa Siswi SMK Migas Cibinong. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 73-77. https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.129
Mu’arifa, N. (2020). “Kampung Inggris” dan Implikasinya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Dusun Singgahan, Desa Pelem dan Desa Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1), 1–94.
Mualifah, N., & Roekminiati, S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Inggris Sebagai Destinasi Wisata Edukasi di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 2(1), 168–182. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v2i1.1069
Muslimin, A. I. (2020). Pemberdayaan masyarakat untuk merintis kampung Inggris di Desa Kalipakem Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 27–42. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2144
Copyright (c) 2021 Didin Hadi Saputra, Masdani Masdani, Nasuhi Nasuhi, Mufida Mufida, Lalu Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.