Implementasi Kampung Inggris dan Manfaatnya Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Sikur

  • Didin Hadi Saputra Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Masdani Masdani Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Nasuhi Nasuhi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Mufida Mufida Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Lalu Putra Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur
Keywords: kampung Inggris, Kecamatan Sikur, pemerintah daerah

Abstract

Di tengah pandemi yang melanda, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah daerah mutlak diperlukan. Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan pula terintegrasi dengan kegiatan kepariwisataan di tingkat daerah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mensinergikan antara unsur tri dharma perguruan tinggi dan pemerintah daerah khususnya di tingkat kecamatan. Metode yang gunakan dalam pengabdian ini adalah metode kunjungan lapangan ke lokasi pengabdian di Kecamatan Sikur. Hasil dari pengabdian ini adalah memberikan motivasi tentang sangat pentingnya menguasai percakapan Bahasa Inggris mulai sejak dini, karena hal tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat luas dan sangat besar dalam perjalanan karier dalam masa depan peserta pelatihan kampung Inggris. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah perlunya memberikan motivasi terutama dengan memberikan pemahaman dan peta terhadap penguatan kegiatan kampung Inggris di masa yang akan datang, serta memerlukan dukungan dari semua pihak, baik itu dari unsur perguruan tinggi sebagai mitra strategis lokasi pengabdian maupun dari pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kecamatan setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianto, C., Susilo, A., Mutawali, M., Tahuddien, R., & Romdonih, F. (2020). Peningkatan Kapabilitas Teknologi Dalam Menghadapi Era Disrupsi Pada Generasi Milenial Melalui Webinar. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89-94. https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.142

Aunurrahman, A., Musa, M., Rustam, R., Kusumaningsih, C., Susanti, E., Kurniawati, T., Irwan, D., Wiyanti, S., Sahrawi, S., Hafis, M., Anita, F., Putra, M., Astuti, D., Sari, D., Syahadati, E., Darajat, A., & Ramadhiyanti, Y. (2021). Membangun Minat Peserta Didik Kampung Inggris Parit Baru Dalam Belajar Bahasa Inggris. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 282-292. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1907

Azizah, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru- Guru SD Negeri 3 Melayu Muara Teweh. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78-83. https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.152

Fathaddin, M., Sitaresmi, R., Kasmungin, S., Sriwahyuni, M., Widyatni, H., Oetomo, H., & Hakim, D. (2020). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Untuk Siswa Siswi SMK Migas Cibinong. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 73-77. https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.129

Mu’arifa, N. (2020). “Kampung Inggris” dan Implikasinya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Dusun Singgahan, Desa Pelem dan Desa Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1), 1–94.

Mualifah, N., & Roekminiati, S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Inggris Sebagai Destinasi Wisata Edukasi di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 2(1), 168–182. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v2i1.1069

Muslimin, A. I. (2020). Pemberdayaan masyarakat untuk merintis kampung Inggris di Desa Kalipakem Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 27–42. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2144

Published
2021-05-17
How to Cite
Saputra, D. H., Masdani, M., Nasuhi, N., Mufida, M., & Putra, L. (2021). Implementasi Kampung Inggris dan Manfaatnya Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Sikur. Madaniya, 2(2), 184-190. https://doi.org/10.53696/27214834.75
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)