Pemberdayaan UMKM Sepatu dengan Aplikasi E-Commerce sebagai Pendukung Pemasaran saat Pandemi Covid-19

  • Tri Ika Jaya Kusumawati Universitas Budi Luhur
  • Teja Endra Eng Tju Universitas Budi Luhur
  • Ravindra Safitra Hidayat Universitas Budi Luhur
Keywords: e-commerce, CMS, Covid, UMKM

Abstract

UMKM Istiana Sepatu merupakan salah satu UMKM yang dalam masa pandemi ini menghadapi masalah yaitu sulitnya melakukan penjualan dan pemasaran, dikarenakan pembatasan dan penutupan kios oleh pemerintah daerah. Akibat yang sangat dirasakan yaitu penumpukan barang yang tidak laku. Berdasarkan masalah tersebut kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menawarkan solusi berupa perbaikan proses yang ada dan pembuatan proses baru yang diterapkan pada sistem e-commerce berbasis web dengan CMS WordPress. Usulan proses pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman, dan pelaporan telah dibuat dan diimplementasi sehingga memberikan manfaat kepada UMKM Istiana Sepatu yaitu: adanya informasi yang lebih cepat dan akurat bagi pembeli dan pegawai dalam hal harga dan rincian produk; sinkronnya pencatatan dalam transaksi penjualan dan persediaan yang ada di toko; meminimalisasi terjadinya kesalahan harga dan perhitungan antara transaksi penjualan dan pembayaran; serta proses perhitungan dan pelaporan transaksi penjualan dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat. Dengan adanya kebijakan PSBB dari pemerintah yang berkelanjutan, pengunjung toko sangat sedikit karena mereka lebih memilih tinggal di rumah sehingga menyebabkan kedua toko Istiana Sepatu sering tutup. Namun dalam masa pandemi, Istiana Sepatu masih bisa berjualan melalui e-commerce yang baru dibuat sehingga jangkauan pemasaran lebih luas dan eksis. Berdasarkan hasil yang dibuat telah dilakukan penilaian dari user menggunakan usability testing sederhana pada web e-commerce yang dibangun; Learnability diperoleh nilai rata-rata 78,97%; Efficiency diperoleh nilai rata-rata 71,28%; Memorability diperoleh nilai rata-rata 82,1%; Error diperoleh nilai rata-rata 85,7%; Satisfaction diperoleh nilai rata-rata 80,77%. Secara kesuluruhan nilai penerimaan user terhadap sistem e-commerce yang dibangun didapat nilai rata-rata 79,77%. Angka ini menunjukkan bahwa aplikasi atau sistem yang dibangun dapat diterima dengan baik dan berhasil memenuhi aspek usability system.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jannah, S. M. (2019). Indonesia Produksi 4,6 Persen dari Total Sepatu Dunia. Available at: https://tirto.id/indonesia-produksi-46-persen-dari-total-sepatu-dunia-dlwU

Lesmono, I. D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website dengan Metode Waterfall. Jurnal Swabumi, 6(1), 55-62.

Luhur, U. B. (2020). Rencana Strategis Universitas Budi Luhur 2020. Available at: http://www.budiluhur.ac.id/tentang-ubl/visi-dan-misi/

Putri, T. M. (2020). Permasalahan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Available at: Permasalahan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Halaman all - Kompasiana.com.

Setiawan, D., & Lutfi, L. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi e-Commerce Berbasis Web pada UMKM Batik Rindani Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 69-78. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5283

Published
2021-01-25
How to Cite
Kusumawati, T. I. J., Tju, T. E. E., & Hidayat, R. S. (2021). Pemberdayaan UMKM Sepatu dengan Aplikasi E-Commerce sebagai Pendukung Pemasaran saat Pandemi Covid-19. Madaniya, 2(1), 70-78. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/52
Section
Artikel