Sosialisasi Pendidikan Berorganisasi dan Pendidikan Karakter di Desa Jajaran Baru II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas

  • Agus Susilo STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Akmal Rijal STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: sosialisasi, pendidikan berorganisasi, pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan berorganisasi dan pendidikan karakter bagi generasi muda sangat diperlukan bagi masyarakat di Desa Jajaran Baru II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas agar dapat memilah perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini. Peran orangtua, lingkungan dan sekolah sangat memberikan dampak terhadap perkembangan pribadi karakter anak-anak muda di Desa Jajaran Baru. Workshop diselenggarakan dengan ceramah, tanya jawab, dan memberi solusi. Ceramah dan Tanya Jawab. Metode ini bertujuan untuk menyampaikan rangkaian teori tentang cara berorganisasi yang baik dan materi pendidikan karakter yang tertuang dalam slide video dengan materi konsep pendidikan berorganisasi, pendidikan karakter, dan strategi pendampingan pendidikan berorganisasi yang baik. Dukungan lembaga desa dan masyarakat Desa Jajaran Baru Kecamatan Megang Sakti menjadi tolak ukur dilaksanakan pengabdian pada masyarakat oleh Dosen-Dosen STKIP PGRI Lubuklinggau. Dalam menyampaikan paparannya dalam kegiatan pengabdian masyarakat  di Desa Jajaran Baru II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, peserta yang diharapkan hadir sekitar 15 orang. Kriteria sasaran yang akan mengikuti sosialisasi pendidikan berorganisasi dan pendidikan karakter di Desa Jajaran Baru II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas merupakan para generasi muda dan tua yang terdiri dari para masyarakat biasa, perangkat Desa, Karang Taruna, dan mahasiswa. bahwa seluruh kegiatan menunjang peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam keberlangsungan membangun pendidikan berorganisasi dan pendidikan karakter bagi genarasi muda terhadap pengaruh era industry yang semakin luas agar dapat menjadi generasi muda yang berilmu dan mampu memfilter segala pengaruh luar yang masuk dilingkungan ekonomi, politik, sosial dan budaya masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albertus, D. K. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital DalamMenghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., & Ribuwati, A. (2018). Inovasi Pendidikan.Jawa Timur. Wade Group National Publishing.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2017). Pedoman Publikasi Ilmiah. Jakarta: Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

Rusman, R. (2013). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subekti, S. (2018). Pendidikan Sepanjang Hayat. Jakarta : PT Intermasa.

Trianto, T. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2021-01-21
How to Cite
Susilo, A., & Rijal, A. (2021). Sosialisasi Pendidikan Berorganisasi dan Pendidikan Karakter di Desa Jajaran Baru II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas. Madaniya, 2(1), 43-50. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/51
Section
Artikel