Advokasi Persaingan Usaha untuk Petani Kecil dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

  • Chandra Setiawan Universitas Presiden
  • Pandu Adi Cakranegara Universitas Presiden
  • Eko Ganiarto Universitas Presiden
  • Suwinto Johan Universitas Presiden
Keywords: seminar pengabdian masyarakat, advokasi persaingan usaha, petani dan UMKM

Abstract

Petani dan UMKM memiliki posisi yang lebih lemah ketika menjalin kerja sama dengan perusahaan besar. Oleh karena itu perlu dibangun prinsip saling membutuhkan antara kedua pihak dalam menjalin kerjasama. Terkadang perusahaan besar merasa lebih dibutuhkan karena merasa memiliki daya tawar yang lebih tinggi terhadap petani dan UMKM. Jika hal ini terjadi dan terdapat indikasi adanya persaingan usaha tidak sehat, maka petani dan UMKM dapat melaporkannya kepada KPPU. Sayangnya keberadaan dan peran KPPU belum banyak diketahui oleh petani dan UMKM. Untuk menyebarluaskan peran KPPU maka KPPU secara aktif melakukan advokasi kepada berbagai pihak. Pihak akademisi dari Universitas Presiden yang memiliki kerjasama dengan petani dan UMKM mengundang KPPU untuk memberikan materi advokasi bagi sivitas akademis Universitas Presiden dan para petani dan UMKM. Acara berlangsung di ruang kuliah Universitas Presiden dengan peserta yang bersemangat. Acara terdiri dari seminar, tanya jawab dan diskusi. Pada akhir acara peserta memberikan sambutan positif atas acara yang telah diadakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nawi, S., Salle, S., & Risma, A. (2023). Problematika Kontrak Baku Pada Berbagai Perjanjian. Journal of Lex Generalis (JLG), 4(1), 66-74.

Sugi, L. (2023). Poverty in Golden Fishing: A Regulatory Impact Assessment of Fishermen Poverty in Indonesia. Policy & Governance Review, 7(1), 54-71.

Yustika, C. (2023). Analisis faktor-faktor dan peramalan permintaan kedelai di Indonesia. Bachelor's thesis. Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Published
2023-05-16
How to Cite
Setiawan, C., Cakranegara, P. A., Ganiarto, E., & Johan, S. (2023). Advokasi Persaingan Usaha untuk Petani Kecil dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Madaniya, 4(2), 838-844. https://doi.org/10.53696/27214834.480
Section
Artikel