Pemanfaatan Teknologi Untuk Penelitian Tindakan Kelas dan Pemahanan Angka Kreditnya Untuk Penilaian Jabatan Fungsional Guru
Abstract
Kurangnya pemahaman terhadap metode dan penerapan teknologi penelitian tindakan kelas serta pemahaman guru dalam menilai kredit untuk promosi jabatan fungsional merupakan sebuah permasalahan yang harus segera diselesaikan. Permasalahan yang ada tersebut diakibatkan oleh kurangnya pemahaman terhadap metode dan penerapan teknolgi penelitian tindakan kelas serta pemahaman guru dalam menilai kredit untuk promosi jabatan fungsional guru. Pada artikel ini diusulkan sebuah kegiatan pelatihan yang difokuskan pada mitra dampingan yaitu guru-guru yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara berjenjang dimulai dari tahapan asesmen awal, persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan yang dilaksanakan memberikan sebuah peningkatan ilmu pengetahuan bagi peserta yang menunjang pelaksanaan pembelajaran di sekolah serta karir guru yang bersangkutan. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan, hasil evalusi penilaian yang diberikan kepada peserta kegiatan 80% peserta diklat menilai bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan dapat memberikan ilmu yang data diterapkan.
Downloads
References
Chrisnanto, Y. H. (2013). Pengembangan Sistem Jurnal Elektronik Berbasis Open Journal System (OJS). Aristoteles, 10(2).
Cosme, N., Hauschild, M. Z., Molin, C., Rosenbaum, R. K., & Laurent, A. (2019). Learning-by-doing: experience from 20 years of teaching LCA to future engineers. The International Journal of Life Cycle Assessment, 24(3), 553–565. https://doi.org/10.1007/s11367-018-1457-5
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2019). Data Guru Kabupten Cilacap. https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/guru/2/030100
Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunadi, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63–74.
Halevi, G., Moed, H., & Bar-Ilan, J. (2017). Suitability of Google Scholar as a source of scientific information and as a source of data for scientific evaluation—Review of the Literature. Journal of Informetrics, 11(3), 823–834. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.06.005
Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 15(1), 14.
Nasution, I. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika-FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 160–166. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1292
Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 332. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7455
Widodo, E., Rosana, D., & Setyawarno, D. (2018). Workshop Pemanfaatan Buku Ajar Statistik Terapan Dan Aplikasi Spss Untuk Meningkatkan Kompetensi Meneliti Bagi Guru IPA Tingkat SMP Di Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(1), 33–37.
Yunis, R., & Telaumbanua, K. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(1). https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i1.291
Copyright (c) 2020 Ganjar Ndaru Ikhtiagung, Oman Somantri, Andesita Prihantara, Ilma Fadlilah, Nurlinda Ayu Triwuri, Dodi Satriawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.