Pemanfaatan Teknologi Untuk Penelitian Tindakan Kelas dan Pemahanan Angka Kreditnya Untuk Penilaian Jabatan Fungsional Guru

  • Ganjar Ndaru Ikhtiagung Politeknik Negeri Cilacap
  • Oman Somantri Politeknik Negeri Cilacap https://orcid.org/0000-0002-7261-9975
  • Andesita Prihantara Politeknik Negeri Cilacap
  • Ilma Fadlilah Politeknik Negeri Cilacap
  • Nurlinda Ayu Triwuri Politeknik Negeri Cilacap
  • Dodi Satriawan Politeknik Negeri Cilacap
Keywords: penelitian tindakan kelas, jabatan fungsonal, pelatihan, guru

Abstract

Kurangnya pemahaman terhadap metode dan penerapan teknologi penelitian tindakan kelas serta pemahaman guru dalam menilai kredit untuk promosi jabatan fungsional merupakan sebuah permasalahan yang harus segera diselesaikan. Permasalahan yang ada tersebut diakibatkan oleh kurangnya pemahaman terhadap metode dan penerapan teknolgi penelitian tindakan kelas serta pemahaman guru dalam menilai kredit untuk promosi jabatan fungsional guru. Pada artikel ini diusulkan sebuah kegiatan pelatihan yang difokuskan pada mitra dampingan yaitu guru-guru yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara berjenjang dimulai dari tahapan asesmen awal, persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan yang dilaksanakan memberikan sebuah peningkatan ilmu pengetahuan bagi peserta yang menunjang pelaksanaan pembelajaran di sekolah serta karir guru yang bersangkutan. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan, hasil evalusi penilaian yang diberikan kepada peserta kegiatan 80% peserta diklat menilai bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan dapat memberikan ilmu yang data diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chrisnanto, Y. H. (2013). Pengembangan Sistem Jurnal Elektronik Berbasis Open Journal System (OJS). Aristoteles, 10(2).

Cosme, N., Hauschild, M. Z., Molin, C., Rosenbaum, R. K., & Laurent, A. (2019). Learning-by-doing: experience from 20 years of teaching LCA to future engineers. The International Journal of Life Cycle Assessment, 24(3), 553–565. https://doi.org/10.1007/s11367-018-1457-5

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2019). Data Guru Kabupten Cilacap. https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/guru/2/030100

Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunadi, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63–74.

Halevi, G., Moed, H., & Bar-Ilan, J. (2017). Suitability of Google Scholar as a source of scientific information and as a source of data for scientific evaluation—Review of the Literature. Journal of Informetrics, 11(3), 823–834. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.06.005

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 15(1), 14.

Nasution, I. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika-FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 160–166. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1292

Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 332. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7455

Widodo, E., Rosana, D., & Setyawarno, D. (2018). Workshop Pemanfaatan Buku Ajar Statistik Terapan Dan Aplikasi Spss Untuk Meningkatkan Kompetensi Meneliti Bagi Guru IPA Tingkat SMP Di Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(1), 33–37.

Yunis, R., & Telaumbanua, K. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(1). https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i1.291

Published
2020-11-16
How to Cite
Ikhtiagung, G. N., Somantri, O., Prihantara, A., Fadlilah, I., Triwuri, N. A., & Satriawan, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Untuk Penelitian Tindakan Kelas dan Pemahanan Angka Kreditnya Untuk Penilaian Jabatan Fungsional Guru. Madaniya, 1(4), 202-210. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/38
Section
Artikel