Pelatihan Gerakan Dasar Tari Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMA LPP UMI

  • Nurfathana Mazhud Universitas Muslim Indonesia
Keywords: gerakan dasar, tari tradisional, keterampilan menari

Abstract

Keterampilan menari merupakan kesenian yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hal yang menjadi acuan untuk melaksanakan pelatihan gerakan dasar tari bagi siswa yakni menunjukkan cara menari yang benar dan mudah dicontoh agar siswa tidak menganggap sulit untuk mengikuti atau belajar tari jika langsung dihadapkan pada satu rangkaian tari. Pemberian pelatihan bertujuan menghidupkan komunikasi yang baik dengan siswa, membuka wawasan berpikir yang beragam dari seluruh siswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelatihan gerakan dasar tari tradisional di SMA LPP UMI dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen UMI dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Hal ini ditandai dengan jumlah peserta pelatihan yang mengikuti dari pertemuan I-III tetap yaitu 10 orang siswa dan keterlibatan tim pengabdi yang melakukan koordinasi dengan baik dalam setiap pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pelatihan yang dilaksanakan juga mendapatkan respon yang sangat positif dari pimpinan sekolah, guru pamong, dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika.

Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar di Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 169-175.

Kayam, U. (1981). Seni, Tradisi, Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

Maghdalena, D. N., Suryadi, S., & Puspita, Y. (2019). Analisis Estetik Karya Seni Lukis Moel Soenarko yang Bertema Haeritage. Irama: Jurnal Seni dan Desain serta Pembelajarannya, 1(2), 9-23.

Mono. (2014). Pengertian Tari Tradisional dari Para Ahli. Diakses Pada Laman http://www.pakmono.com/2014/12/pengertian-tari-tradisional-html Pada Tanggal 11 Oktober 2019.

Mulyana, D. & Rakhmat, J. (2006). Komunikasi Antar Budaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soedarsono. (2002). Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Syafii. (2004). Konsep dan Model Pembelajaran Seni. Semarang: Unnes.

Published
2020-11-12
How to Cite
Mazhud, N. (2020). Pelatihan Gerakan Dasar Tari Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMA LPP UMI. Madaniya, 1(4), 190-201. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/37
Section
Artikel