Pendidikan Kesehatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat di Pondok Pesantren
Abstract
Personal Hygiene memiliki peran utama dalam meningkatkan kesehatan individu. Salah satu Lembaga yang dapat menjadi mitra penting dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat pada setiap individu adalah pondok pesantren. Salah satu upaya promotif untuk meningkatkan derajat kesehatan di pondok pesantren adalah dengan melaksanakan pendidikan kesehatan. Metode pelaksaan pada kegiatan pengabdian ini adalah dimulai dari tahapan survey, assessment, persiapan, kegiatan inti dan terakhir adalah evaluasi kegiatan sebagai tolok ukur tingkat keberhasilan kegiatan. Kegiatan pendidikan Kesehatan dilakukan dengan cara ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta kegiatan mendapat mendemontrasikan praktik cuci tangan 6 langkah dengan baik dan benar. Hasil evaluasi menunjukan 60,00% peserta memberikan penilaian sangat baik terhadap kegiatan pendidikan kesehatan. Kegiatan pendidikan kesehatan memberikan manfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya komunitas tertentu seperti di lingkungan pondok pesantren. Kegiatan ini perlu digalakan secara lebih luas agar lebih banyak masyarakat yang dapat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat salah satunya cuci tangan 6 langkah dengan menggunakan air mengalir.
Downloads
References
Astuti, R., Mifbakhuddin, Nurullita, U., Larasaty, N. D., & Prasetio, D. B. (2016). Promosi Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok Pesantren. The 4th University Research Coloqium 2016, 1(1), 426–431.
Chowdhury, N., Nurunnabi, M., Kaiser, F. R., Ahmed, S. M., & Roy, S. (2020). Knowledge and Practices among the Primary School Children Regarding Personal Hygiene. Journal of Sylhet Women’s Medical College, 8(2), 29–33.
Coker-Bolt, P., Jansson, A., Bigg, S., Hammond, E., Hudson, H., Hunkler, S., … Laurent, M. D. (2017). Menstrual Education and Personal Hygiene Supplies to Empower Young Women in Haiti. OTJR: Occupation, Participation and Health, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1177/1539449217719866
Ezeala-Adikaibe, T Okpara, OS Ekenze, O Onodugo, N. E.-A., & T Nnaji, G. O. (2017). Knowledge of Medical Students about Epilepsy : Need for a Change. Knowledge of Medical Students about Epilepsy: Need for a Change, 14(1), 1–8.
Ghanim, M., Dash, N., Abdullah, B., Issa, H., Albarazi, R., & Saheli, Z. Al. (2016). Knowledge and Practice of Personal Hygiene among Primary School Students in Sharjah-UAE. Journal of Health Science, 6(5), 67–73. https://doi.org/10.5923/j.health.20160605.01
Guna, A. M., & Amatiria, G. (2015). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Upaya Mencegah Penyakit Kulit Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda. Jurnal Keperawatan, 11(1), 7–14.
Has, E. M. M., Atmoko, R. P., & Mariyanti, H. (2020). The effect of personal hygiene education and the snowball throwing method of behavior prevention in hepatitis a. Eurasian Journal of Biosciences, 14(1), 1571–1574.
Khatoon, R., Sachan, B., Khan, M. A., & Srivastava, J. P. (2017). Impact of school health education program on personal hygiene among school children of Lucknow district. Journal of Family Medicine and Primary Care, 1(1), 97–100. https://doi.org/10.4103/2249-4863.214973
Larasati, N., & Nurhayati, F. (2015). Hubungan Antara Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Pada Siswa Sma Negeri Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 275–281.
Makful, N. A., & Pirawati, N. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Santri Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Penerapan PHBS Di Pondok Pesantren Khusus Putri As-Syafi’iyah Jakarta Timur. Repository Unisa Jakarta, 2(1), 1–7.
Makmuriana, L., Pradika, J., Rachmaningrum, R., Annisa, R., & Lestari, V. I. (2020). JURNAL ABDIMAS UMTAS LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Jurnal Abdimas Umtas, 3(1), 162–167.
Copyright (c) 2020 Henri Setiawan, Fidya Anisa Firdaus, Heri Ariyanto, Reffi Nantia Khaerunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.