Pelatihan Budidaya Lebah Madu Tidak Bersengat (Trigona sp.) Pada Komunitas Sahabat Pesisir Gonda Mangrove Park Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat

  • Phika Ainnadya Hasan Universitas Sulawesi Barat
  • Firman Firman Universitas Sulawesi Barat
  • Firdaus Firdaus Universitas Sulawesi Barat
  • Ariandi Ariandi Universitas Sulawesi Barat
Keywords: budidaya lebah, pengembangan ekowisata

Abstract

Komunitas sahabat pesisir merupakan pengelola kawasan ekowisata Gonda Mangrove Park di bawah pemerintah daerah Sulawesi Barat. Komunitas non-profit ini sudah terbentuk sejak tahun 2014 dan mengelola kawasan ekowisata Gonda Mangrove Park yang mampu menerima ± 100 wisatawan setiap minggunya. Hasil observasi kami menunjukkan bahwa lebah madu tidak bersengat (Trigona sp.) ditemukan secara alami dengan jumlah besar sehingga memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Hal ini juga dapat menunjang proses rehabilitasi mangrove di kawasan tersebut. Namun tidak semua anggota komunitas memiliki keterampilan budidaya. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan budidaya lebah madu tidak bersengat, meliputi (1) pengenalan struktur sarang lebah, dan (2) pelatihan pemanenan produk lebah menggunakan metode pengembangan masyarakat (community development) dalam bentuk pelatihan (training). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat 55% responden yang belum mengenal lebah madu tidak bersengat, namun setelah kegiatan ini hanya 5% responden yang tetap tidak mengenal lebah madu tidak bersengat. Semua responden (100%) menjadi memiliki minat membudidayakan lebah madu tidak bersengat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin, R. (2018). Mangrove. Manado: Unsrat Press.

Fitriyah, A., Imam, M., Yuni, M., Isyaturriyadhah. (2020). Analisis Pendapatan Usaha Ternak Lebah Madu (Trigon asp.) di Desa Sukadana Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Agri Sains, 4(2), 162-167.

Harjanto, S., Meiardhy, M., Arbainsyah, Abrar R. (2020). Budidaya Lebah Madu Kelulut sebagai Alternatif Mata Pencaharian Masyarakat (Modul). Diakses di https://elti.yale.edu/sites/default/files/rsource_files/meliponikultur_beekeeping_petunjuk_praktis_juni2020.pdf

Ichwan, F., Defri, Y., Evi, S. B. (2016). Prospek Pengembangan Budidaya Lebah Trigona spp. di Sekitar Hutan Laarangan Adat Rumbio Kabupaten Kampar. Jom Faperta UR, 3(2), 1-10.

Irundu, D., Makmur, Ikrar, T. S., Agus, S., Moh., I., Faisal, Muh., Fahmin, (2021). Budidaya Lebah Trigona Pada KUPS KTH Buttu Puang. J-Abdi, 1(6), 979-988.

Putra, P. A. H., Ni Luh, W., Ni Made, S. (2014). Struktur dan Produksi Lebah Trigona spp. pada Sarang Berbentuk Tabung dan Bola. Jurnal Biologi, 18(2), 60-64.

Roslinda, E., Wiwik, E., Dwi, A. (2021). Teknologi Budidaya Lebah Madu Kelulut di Kawasan Mangrove. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 10(1), 58-61.

Sulfiah, Bahar, A. (2019). Panen Madu Trigona Beribu Khasiat di Desa Kuajang Polman (Artikel Berita). https://pattae.com/panen-madu-trigona-beribu-khasiat-di-desa-kuajang-polman/. Diakses tanggal 6 November 2021 pukul 19.48

Syaifudin, S. M., & Sigit, N. (2020). Budidaya Pakan Lebah Trigona sp. dengan Apiculture Agroforestry System di Keurahan Anjungan Melancar Kabupaten Mempawah. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, 6(1), 17-24.

Published
2022-02-10
How to Cite
Hasan, P. A., Firman, F., Firdaus, F., & Ariandi, A. (2022). Pelatihan Budidaya Lebah Madu Tidak Bersengat (Trigona sp.) Pada Komunitas Sahabat Pesisir Gonda Mangrove Park Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Madaniya, 3(1), 111-116. https://doi.org/10.53696/27214834.151
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)