Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Pemanfatan TIK pada Guru SMK Windusari Magelang

  • Uky Yudatama Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Rofi Abul Hasani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Resa Arif Yudianto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Purwono Hendradi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Endah Ratna Arumi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Maimunah Maimunah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Pristi Sukmasetya Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: teknologi Informasi dan komunikasi, TIK, peningkatan, pemanfaatan, kualitas, pembelajaran

Abstract

Guru pada masa sekarang ini dituntut untuk selalu siap mengikuti perkembangan teknologi informasi atau digital yang terus meningkat terutama dalam pemanfatan semua media yang berbasis teknologi, baik digunakan dalam pekerjaan utama maupun tambahan. Untuk dapat mendukung pekerjaan ini, terutama dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar kepada siswa, maka peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat dibutuhkan, namun tidak semua guru memiliki kemampuan yang sama untuk mengoptimalkan penggunaan TIK ini. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peningkatan kualitas guru terutama dalam pemanfaatan TIK. Kegiatan Pengabdian telah kami lakukan di SMK Windusari Magelang dalam rangka untuk menjawab persoalan ini. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan pemaparan materi dan diskusi secara interatif disertai dengan praktik praktis. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan berakhir yaitu kemampuan dan pemahaman guru tentang penerapan pemanfaatan TIK dalam kegiatan proses belajar mengajar menjadi meningkat, ini terbukti dari hasil tes yang telah kami lakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albugami, S., & Ahmed, V. (2015). Success factors for ICT implementation in Saudi secondary schools: From the perspective of ICT directors, head teachers, teachers, and students. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 11(1), 36–54.

Fajar, M. Y., Rohaeni, O., Permanasari, Y., A, A. I., & Mulkiya, K. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Sma Dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5(2), 175. https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2347

Jiang, S. (2007). An anonymous MAC protocol for wireless Ad-hoc networks. Mobile and Wireless Network Security and Privacy, 80, 191–204. https://doi.org/10.1007/978-0-387-71058-7_9

Kasim, N. (2011). ICT Implementation for Materials Management in Construction Projects: Case Studies. Journal of Construction Engineering and Project Management, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.6106/jcepm.2011.1.1.031

Kobis, D. C., & Tomatala, M. F. (2020). the Implementation of Ict in Teaching English As Foreign. Jurnal Ilmiah, 16(1), 58–75.

Korpelainen, K. (2011). Theories of ICT system implementation and adoption - a critical review. 57.

Kustanto, P., Fadjriya, A., & Purnomo, R. (2021). Membaca Bakat dengan Aplikasi Talents Mapping untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Catur Global Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(1), 81–92. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i1.494

Magen-Nagar, N., & Firstater, E. (2019). The Obstacles to ICT Implementation in the Kindergarten Environment: Kindergarten Teachers’ Beliefs. Journal of Research in Childhood Education, 33(2), 165–179. https://doi.org/10.1080/02568543.2019.1577769

Millán, J. M., Lyalkov, S., Burke, A., Millán, A., & van Stel, A. (2021). ‘Digital divide’ among European entrepreneurs: Which types benefit most from ICT implementation? Journal of Business Research, 125(December 2018), 533–547. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.10.034

Noorfikri, A. W., Narpati, B., Bukhari, E., & Nursal, M. F. (2021). Pelatihan Komputer Untuk Meningkatkan Ketrampilan dan Motivasi Belajar Anak – Anak Yatim di Rumah Yatim Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.627

Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Karim, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 407–412. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6153

Saputri, S. W., Fajri, D. R., & Qonaatun, A. (2020). Implementation of ICT in Teaching and Learning English. 410(Imcete 2019), 204–207. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200303.048

Sari, R., Fitriyani, A., & Prabandari, R. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.184

Soenandi, I. A., Angin, P. P., & Anu, B. (2021). Peningkatan Kesiapan Literasi Digital Dalam Menunjang MBKM Kampus Mengajar di Wilayah Desa Tajur Halang SD, SMP Sinar Kasih dan Masyarakat Sekitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(3), 237–246. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i3.924

Yuen, A. H. K., Law, N., & Wong, K. C. (2003). ICT implementation and school leadership: Case studies of ICT integration in teaching and learning. Journal of Educational Administration, 41(2), 158–170. https://doi.org/10.1108/09578230310464666

Published
2022-02-09
How to Cite
Yudatama, U., Hasani, R. A., Yudianto, R. A., Hendradi, P., Arumi, E. R., Maimunah, M., & Sukmasetya, P. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Pemanfatan TIK pada Guru SMK Windusari Magelang. Madaniya, 3(1), 84-92. https://doi.org/10.53696/27214834.146
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)