Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Pemanfatan TIK pada Guru SMK Windusari Magelang
Abstract
Guru pada masa sekarang ini dituntut untuk selalu siap mengikuti perkembangan teknologi informasi atau digital yang terus meningkat terutama dalam pemanfatan semua media yang berbasis teknologi, baik digunakan dalam pekerjaan utama maupun tambahan. Untuk dapat mendukung pekerjaan ini, terutama dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar kepada siswa, maka peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat dibutuhkan, namun tidak semua guru memiliki kemampuan yang sama untuk mengoptimalkan penggunaan TIK ini. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peningkatan kualitas guru terutama dalam pemanfaatan TIK. Kegiatan Pengabdian telah kami lakukan di SMK Windusari Magelang dalam rangka untuk menjawab persoalan ini. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan pemaparan materi dan diskusi secara interatif disertai dengan praktik praktis. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan berakhir yaitu kemampuan dan pemahaman guru tentang penerapan pemanfaatan TIK dalam kegiatan proses belajar mengajar menjadi meningkat, ini terbukti dari hasil tes yang telah kami lakukan.
Downloads
References
Albugami, S., & Ahmed, V. (2015). Success factors for ICT implementation in Saudi secondary schools: From the perspective of ICT directors, head teachers, teachers, and students. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 11(1), 36–54.
Fajar, M. Y., Rohaeni, O., Permanasari, Y., A, A. I., & Mulkiya, K. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Sma Dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5(2), 175. https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2347
Jiang, S. (2007). An anonymous MAC protocol for wireless Ad-hoc networks. Mobile and Wireless Network Security and Privacy, 80, 191–204. https://doi.org/10.1007/978-0-387-71058-7_9
Kasim, N. (2011). ICT Implementation for Materials Management in Construction Projects: Case Studies. Journal of Construction Engineering and Project Management, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.6106/jcepm.2011.1.1.031
Kobis, D. C., & Tomatala, M. F. (2020). the Implementation of Ict in Teaching English As Foreign. Jurnal Ilmiah, 16(1), 58–75.
Korpelainen, K. (2011). Theories of ICT system implementation and adoption - a critical review. 57.
Kustanto, P., Fadjriya, A., & Purnomo, R. (2021). Membaca Bakat dengan Aplikasi Talents Mapping untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Catur Global Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(1), 81–92. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i1.494
Magen-Nagar, N., & Firstater, E. (2019). The Obstacles to ICT Implementation in the Kindergarten Environment: Kindergarten Teachers’ Beliefs. Journal of Research in Childhood Education, 33(2), 165–179. https://doi.org/10.1080/02568543.2019.1577769
Millán, J. M., Lyalkov, S., Burke, A., Millán, A., & van Stel, A. (2021). ‘Digital divide’ among European entrepreneurs: Which types benefit most from ICT implementation? Journal of Business Research, 125(December 2018), 533–547. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.10.034
Noorfikri, A. W., Narpati, B., Bukhari, E., & Nursal, M. F. (2021). Pelatihan Komputer Untuk Meningkatkan Ketrampilan dan Motivasi Belajar Anak – Anak Yatim di Rumah Yatim Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.627
Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Karim, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 407–412. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6153
Saputri, S. W., Fajri, D. R., & Qonaatun, A. (2020). Implementation of ICT in Teaching and Learning English. 410(Imcete 2019), 204–207. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200303.048
Sari, R., Fitriyani, A., & Prabandari, R. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.184
Soenandi, I. A., Angin, P. P., & Anu, B. (2021). Peningkatan Kesiapan Literasi Digital Dalam Menunjang MBKM Kampus Mengajar di Wilayah Desa Tajur Halang SD, SMP Sinar Kasih dan Masyarakat Sekitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(3), 237–246. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i3.924
Yuen, A. H. K., Law, N., & Wong, K. C. (2003). ICT implementation and school leadership: Case studies of ICT integration in teaching and learning. Journal of Educational Administration, 41(2), 158–170. https://doi.org/10.1108/09578230310464666
Copyright (c) 2022 Uky Yudatama, Rofi Abul Hasani, Resa Arif Yudianto, Purwono Hendradi, Endah Ratna Arumi, Maimunah Maimunah, Pristi Sukmasetya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.