Pemasangan dan Penyuluhan Perawatan Instalasi Listrik dan Sarana Wudhu di Masjid Baetul Mumin

  • Jan Setiawan Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pamulang
  • Hedy Aditya Baskhara Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pamulang
  • Woro Agus Nurtiyanto Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pamulang
  • Aripin Triyanto Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pamulang
  • Nurkahfi Irwansyah Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pamulang
Kata Kunci: instalasi listrik, instalasi pipa air bersih, standar kabel listrik

Abstrak

Fasilitas wudhu di Masjid Baetul Mumin saat ini belum memadai syarat bersuci dan pemenuhan kebutuhan jamaah. Untuk menyelesaikan solusi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat yang diakan dilakukan di Masjid Baetul Mumin adalah memasang sistem instalasi listrik dan distribusi air wudhu sehingga air wudhu yang digunakan dapat dijamin kadar kesuciannya dan akses jamaah untuk memperoleh air wudhu dengan efisien. Kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi hal tersebut adalah memasang tangki air yang tertutup. Kemudian pipa saluran air yang dilengkapi dengan beberapa keran air. Untuk mendukung penampungan air ke tangki air tertutup, digunakan pompa air dengan daya yang telah disesuaikan dengan daya listrik yang tersedia. Program pengabdian ini disusun berdasarkan hasil survey pendahuluan oleh TIM PKM ke lokasi DKM Masjid Baetul Mumin serta wawancara kepada kepada anggota DKM. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan: Pembuatan design rangkaian sistem instalasi listrik dan distribusi air, menyusun dan peralatan bahan yang diperlukan, implementasi perencanaan serta penyuluhan perawatan sistem yang dibangun. Pemasangan instalasi listrik memerlukan perhatian khusus, karena lokasi pemasangan yang dekat dengan sumber air, kondisi ruangannyapun relatif lembab. Oleh sebab itu, untuk penempatan sambungan dan konektor listrik diusahakan diletakkan pada lokasi yang kelembabannya tidak terlalu tinggi dan jauh dari jangkauan air.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Referensi

Budiono, B., & Anggraeni, L. K. (2017). Desain Toilet dan Tempat Wudhu Masjid. Jurnal Desain Interior, 2(1), 1-12.

Muhammad, S. K. (2008). Fiqih Wanita. Pustaka AL-Kautsar.

Sedayu, A. (2012). Kamar Mandi Sebagai Tempat Bersuci (Thaharah). EL HARAKAH, 13(1), 13-34.

Shobirin. (2014), Ibadah itu Indah. Jombang: Pustaka Tebuireng.

Suhardi, B., Laksono, P. W., & Saktiwan, P. (2013). Perancangan Tempat Wudhu Untuk Orang Lanjut Usia (Lansia). Proceeding National Conference Applied Ergonomics (CAE 2013).

Diterbitkan
2020-02-05
How to Cite
Setiawan, J., Baskhara, H. A., Nurtiyanto, W. A., Triyanto, A., & Irwansyah, N. (2020). Pemasangan dan Penyuluhan Perawatan Instalasi Listrik dan Sarana Wudhu di Masjid Baetul Mumin. Madaniya, 1(1), 22-36. Diambil dari https://madaniya.pustaka.my.id/journal/article/view/7
Bagian
Artikel