Sinergi dan Penguatan Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bersama Lembaga Sosial Desa (LSD) Desa Anjani

  • Teni Susanti Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram, NTB
  • Didin Hadi Saputra Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram, NTB
  • Lily Suryani Syah Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram, NTB
  • Peni Nilayati Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram, NTB
  • Siti Raehan Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram, NTB
Kata Kunci: Lembaga Sosial Desa, Anjani, Program Pemerintah, Tri Dharma, grand design

Abstrak

Kebijakan pengembangan dan pembangunan berbasis ekonomi rakyat di pedesaan, sudah lama dijalankan oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan pemerintah Desa melalui berbagai program. Kebijakan pengembangan dan pembangunan berbasis ekonomi rakyat di pedesaan, sudah lama dijalankan oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan pemerintah Desa melalui berbagai program. Salah satunya melalui Lembaga Sosial Desa (LSD). Seiring dengan fenomena tersebut, lembaga sosial desa (LSD) yang berada di Desa Anjani merupakan lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Metode atau langkah pelaksanaan yang dilakukan yakni tahap persiapan tahap survey lokasi atau observasi, tahap pelaksanaan, serta tahap penyusunan laporan. Hasil pengabdian yakni sepakat untuk menjalin kerjasama berkelanjutan untuk memetakan dan menyusun bersama grand design atau design utama seperti apa yang butuhkan dalam rangka menguatkan posisi LSD sebagai salah satu wadah untuk menopang aktivitas masyarakat Desa Anjani agar menghasilkan tata sosial masyarakat yang baik dan utuh serta komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Referensi

Widiastuti, C. T. & Widyaswati, R. (2018). Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Camilan Sehat Stik Sea Food Bagi Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Mlatibaru Semarang.

Diterbitkan
2020-02-05
How to Cite
Susanti, T., Saputra, D. H., Syah, L. S., Nilayati, P., & Raehan, S. (2020). Sinergi dan Penguatan Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bersama Lembaga Sosial Desa (LSD) Desa Anjani. Madaniya, 1(1), 37-40. Diambil dari https://madaniya.pustaka.my.id/journal/article/view/5
Bagian
Artikel