Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu, Kartoharjo Magetan

  • Rizal Ula Ananta Fauzi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun
  • Dian Citaningtyas Ari Kadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun
  • Rahmat Cahyo Utomo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun
  • Lisnawati Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun
  • Samsur Rizal Muhtar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun
Kata Kunci: branding, pengemasan, varian rasa

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai implementasi Tridarma perguruan tinggi untuk membantu masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mencoba untuk menemukan permasalahan yang dihadapi UMKM pembuatan kerupuk bawang tradisional “Bu Dami” yang berada di Desa Mrahu, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan. Kerupuk Bawang “Bu Dami” saat ini masih dalam pengemasan yang sederhana, tanpa label sehingga sulit untuk berkembang bahkan mengalami tantangan dalam persaingan. Tujuan dari pengabdian ini berusaha memberikan masukan dan inovasi produk dengan cara branding (memberikan label) dan inovasi produk supaya mampu berkembang, meningatkan pemasaran dan bersaing dengan para usaha lainnya. Metode pelatihan dilakukan kepada UMKM krupuk bawang Bu Dami. kegiatan pengabdian ini dibantu oleh para mahasiswa sekaligus sebagai pembelajaran kewirausahaan bagi mahasiswa sebagai pengetahuan berwirausaha. Inovasi yang dilakukan adalah pengemasan produk dengan mengganti kemasan yang sebelumnya hanya plastik sederhana kemudian diberi dengan plastik yang tebal dan di-press agar membuat produk terlihat lebih menarik dan unik serta memberi label yang menarik hal ini bertujuan agar produk mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Pengembangan hasil produk dengan menjual krupuk bawang yang sudah digoreng dengan memberikan varian rasa untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Referensi

Drummond, K. E. & Brefere, L. M. (2010). Nutrition for Foodservice and Culinary Profesisional’s. Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kotler, P. (2000) Manajemen Pemasaran, Edisi 2. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta: PT. Indeks.

Swastha, B. (1999) Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty

Minantyo, H. (2011). Dasar-Dasar Pengolahan Makanan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Diterbitkan
2020-02-05
How to Cite
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Utomo, R. C., Dewi, L., & Muhtar, S. R. (2020). Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu, Kartoharjo Magetan. Madaniya, 1(1), 41-49. Diambil dari https://madaniya.pustaka.my.id/journal/article/view/2
Bagian
Artikel